Informasi

Siswa SMP di Kota Bandung Ikuti Gladi Bersih UNBK 2018




Geladi bersih UNBK SMP Kota Bandung

Sebanyak 37.000 siswa dari 245 sekolah yang terdiri dari SMP Negeri dan Swasta melaksanakan gladi bersih Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) secara serentak (19/3/2018). Simulasi dilaksanakan mulai tanggal 19 sampai 20 Maret 2018, dengan mata pelajaran yang diujikan di hari pertama (19/03/18) Matematika dan Bahasa Inggris di hari kedua (20/03/18). Adapun waktu pelaksanaanya dibagi menjadi 3 sesi yaitu pagi, siang dan sore dengan durasi dua jam untuk masing-masing sesi.

Sistem yang dipakai berasal dari Puspendik (Pusat Penilaian Pendidikan) dan terkoneksi langsung dengan Dinas Pendidikan Kota Bandung. Hal ini untuk memudahkan dalam memonitoring pelaksanaan simulasi UNBK, juga untuk mengantisipasi adanya error system, seperti misalnya penambahan waktu, atau diganti ke sesi berikutnya dan lain sebaginya.

Mengingat SMP di Kota Bandung sudah 100% melaksanakan UNBK, maka simulasi UNBK ini merupakan hal yang tepat dilakukan. Hal ini dilakukan agar pada saat pelaksanaanya nanti UNBK dapat berjalan lancar dan para peserta didik tidak mengalami kesulitan dalam pengerjaanya karena mereka sudah familiar dengan sisten komputer ini.

Bambang Ariyanto selaku Kepala Seksi Kurikulum SMP Dinas Pendidikan Kota Bandung, berharap bahwa dengan adanya gladi bersih ke-3 ini, semua sekolah khususnya SMP di Kota Bandung semakin mantap dalam menghadapi UNBK yang akan digelar tanggal 23-26 April 2018. Saat memantau gladi bersih ke SMP Muhamadiyah, SMP BPI, SMPN 2 dan beberapa sekolah lainnya,

Bambang juga berharap semua Kepsek, Wakasek, proktor, teknisi serta tim helpdesk Kota Bandung dapat berkoordinasi dan berkomunikasi yang baik, solid, kompak serta mampu mendeteksi serta mengantisipasi berbagai kendala yang mungkin muncul, sehingga pelaksanaan UNBK nanti dapat berjalan lancar. *(Niradea – Disdik Bandung)