Informasi

3 Destinasi Wisata Ruang Publik Kekinian di Bandung




Alun-Alun Regol Bandung

Pilihan wisata ke Bandung bukan hanya selalu mengunjungi tempat wisata yang berbayar dengan harga tiket masuk lumayan. Beberapa tempat wisata ruang publik berupa taman atau konsep alun-alun versi wilayah kecamatan ini bisa jadi pilihan. Selain tempatnya sangat pas buat ngadem dan nongkrong, juga banyak spot instagramable yang bisa dieksplor untuk berselfie ria.

Berikut ini tiga destinasi wisata ruang publik di Kota Bandung yang instagramable dan kekinian favorit wisatawan maupun warga Bandung sendiri.

1. Alun-Alun Regol
Lokasinya terhitung mudah dijangkau dari keluar tol Buah Batu ataupun tol Moh. Toha. Area ruang publik terbaru ini berada tak jauh dari Jalan Buah Batu ke arah Jln. Pasirluyu Selatan melewati Jalan Suryalaya. Sejak diresmikan pada 7 Februari 2018, Alun-alun Regol menjadi salah satu alternatif tempat tujuan wisata bagi warga Kota Bandung terutama yang berada di bagian selatan.

Pengunjung bisa berjalan-jalan santai sambil menemani anak-anak bermain air di kolam kecil yang disediakan. Jika sudah lelah, mereka bisa duduk-duduk santai sambil berswafoto santai di sela-sela rindangnya pepohonan atau melihat derasnya aliran air Sungai Cikapundung di jembatan warna-warni. Jangan heran bila akhir pekan tempat ini biasa dijejali pengunjung. Di sini pun berjejer tempat-tempat makan yang persis berada di depan sepanjang area taman.

2. Alun-Alun Cicendo
Letak Alun-alun Cicendo berada di lahan hook, tepat di depan bundaran simpang Jalan Aruna-Jatayu-Komodor Udara Supadio. Public space ini berada di atas lahan seluas 5.400 meter persegi. Akses masuk utamanya berada di persimpangan ketiga jalan itu, berupa tangga di ruang terbuka dengan material andesit.

Alun-Alun Cicendo diresmikan tepat saat malam pergantian malam tahun baru. Alun-Alun Cicendo dibangun untuk area publik yang bisa dimanfaatkan masyarakat sebagai tempat alternatif rekreasi. Memang konsepnya menjadi area publik bagi masyarakat Kecamatan Cicendo. Ruang publik ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan. Yakni, dari mulai upacara hingga bermain. Bahkan, Alun-Alun Cicendo  juga bisa menjadi alternatif rekreasi dengan disediakan fasilitas tempat makan dan bermain.

Alun-alun di sebelah barat Kota Bandung ini juga akan dilengkapi dengan skate park, ampiteater, toko kerajinan dan seni, hingga spot untuk olahraga. Konsep ini tentu lebih lengkap dibanding alun-alun yang sudah ada di Kota Bandung seperti Alun-Alun Bandung dan Alun-Alun Ujungberung. Pemkot, membangun alun-alun di atas lahan seluas 4.800 meter persegi di Jalan Arjuna tersebut. Anggaran yang disiapkan berkisar Rp 10 miliar.

3. Taman Wisata Kaulinan Pasir Kunci
Ini merupakan nama daerah perkampungan yang berada di wilayah otonomi Pemerintah Kota Bandung, tepatnya berada di RW 11 Kelurahan Pasirjati Kecamatan Ujungberung Kota Bandung. Secara geografis daerah tersebut berada di kaki Gunung Manglayang dan sekaligus sebagai perbatasan antara Kota Bandung dan Kabupaten Bandung.

Kampung ini berada di ketinggian sekitar 800 meter dari permukaan laut. Untuk menuju ke sana membutuhkan kendaraan yang prima karena jalannya menanjak dan berliku. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Jalan AH Nasution (Jalan Raya Ujungberung). Dan hanya 2 Km dari Pasar Ujungberung, melalui Jalan Nagrog kemudian ke Pasir Kunci.