Informasi

Hadir di Bandung, Presiden Semangati Generasi Millenial untuk Berwirausaha




Jokowi di Entrepreneurs Day di Sabuga Bandung

Kegiatan akbar Entrepreneurs Wanted! sebelumnya telah dilaksanakan tujuh kali dan gelaran kedelapan tahun ini dihadiri langsung Presiden Joko Widodo. Presiden Jokowi bertolak dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur sekira pukul 08.15 WIB.

Tanpa ada penutupan jalan, Presiden dan rombongan datang di Bandung langsung menuju Gedung Sasana Budaya Ganesha di Jalan Tamansari. Kegiatan pada Senin, 18 Desember 2017 ini dihadiri oleh ribuan peserta mahasiswa. Kegiatan ini dilaksanakan dari pukul 9 pagi hingga 12 siang.

Presiden Joko Widodo juga hadir untuk memberikan pidato pembukaan dilanjutkan dengan sesi dari dua pembicara, yaitu CEO dan Pendiri Tokopedia William Tanuwijaya serta CEO dan Pendiri Amartha Andi Taufan Garuda Putra.

“Lima tahun ke depan ada 130 miliar dolar AS peluang di negara kita. Gede sekali kalau dirupiahkan berapa? Peluang ini yang saudara bisa masuk secepatnya,” ujar Presiden Jokowi dalam sambutannya.

Menurutnya, peluang masih terbuka terutama bagi generasi muda. Presiden mengharapkan generasi millenials dapat mengambil peran di dalam digital ekonomi untuk memajukan perekonomian Indonesia.

“Ini kesempatan anak muda masuk terjun ke ruang bisnis yang besar. Terutama ke depan digital ekonomi beri kesempatan gede kepada anak muda,” tambah Presiden.

Menurut data Kementerian Koperasi dan UKM sendiri, jumlah wirausahawan pada 2017 baru mencapai 3,31% dari jumlah penduduk Indonesia, sementara standar Bank Dunia adalah sebesar 4%. Dibandingkan dengan negara ASEAN lainnya, jumlah wirausahawan Indonesia juga lebih kecil dari Singapura (7%), Malaysia (5%), dan Thailand (4,5%), serta tidak berbeda jauh dengan Vietnam (3,3%).