Newsticker

Profil Emral Abus, Pelatih Anyar Persib




Profil Pelatih Persib Emral Abus

Teka-teki siapa pelatih baru Persib Bandung akhirnya terjawab. Nama Emral Abus menjadi sosok yang menggantikan pelatih Djadjang Nurdjaman yang mengundurkan diri. Seperti diketahui setelah Djadjang Nurdjaman mundur, Persib ditangani Herrie Setiawan dan Yaya Sunarya, masih berlisensi B AFC, sementara syarat pelatih di Liga 1 harus berlisensi A AFC. Emral akan dikontrak hingga Go-Jek Traveloka Liga 1 berakhir.

Pengumuman nama pelatih baru tersebut disampaikan langsung Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar kepada wartawan di Bandung, Rabu (30/8/2017) malam WIB. Dipilihnya Emral selain memenuhi syarat lisensi, sosoknya sudah tidak asing lagi dengan tim Maung Bandung  Rencananya, Emral mulai resmi melatih Persib pada laga lanjutan putaran kedua Go-Jek Traveloka Liga 1 dalam laga lawan Sriwijaya FC di Stadion Jakabaring, Palembang, Senin (4/9/2017).

Siapakah sosok Emral Abus? Berikut ini beberapa informasinya yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Akrab dipanggil "Uncu"
Emral Abus lahir di Lubuk Nyiur, Pesisir Selatan, Sumatera Barat, 20 Desember 1958. Panggilan akrabnya "Uncu" yang dalam bahasa Minang dapat diartikan 'paman'.

2.  Pernah menangani Persib di AFC 2015
Emral pernah menangani Persib pada ajang Piala AFC 2015 bersama Djanur. Emral diproyeksikan untuk menjadi pelatih kepala Persib Bandung selama berlaga di AFC Cup 2015, menggantikan peran Djadjang Nurdjaman yang hanya mengantongi lisensi B AFC.

Waktu itu, Persib Bandung tampil di Piala AFC 2015 setelah gagal menembus babak play off Asian Champions League (ACL) 2015. Pada babak play off kedua menghadapi Hanoi T&T, di Stadion My Dinh, Vietnam, Persib Bandung ditekuk dengan skor telak 0-4. Dengan hasil itu, jawara Indonesia Super League (ISL) 2014 ini harus turun kasta dan bermain di Piala AFC 2015 bersama Persipura Jayapura. Pada babak 16 besar AFC 2015, Persib disingkirkan Kitchee SC. Dampak kekalahan tersebut berimbas pada putusnya kontrak Emral di Persib Bandung.

3. Melahirkan banyak pelatih sepak bola Indonesia
Ia merupakan "suhu" para pelatih terkenal di Indonesia. Ada banyak pelatih sepak bola di Indonesia yang lahir dari tangan dinginnya, seperti Djadjang Nurdjaman, Indra Sjafri, Aji Santoso, Nil Maizar, Salahudin, Jafri Sastra, Kas Hartadi, dan yang lainnya.

4. Instruktur sepak bola terbaik Indonesia
Emral pun merupakan salah satu Instruktur AFC di Indonesia. Ia adalah satu instruktur sepak bola terbaik yang dimiliki Indonesia saat ini.

5. Koordinator instruktur di Indonesia
Dalam setiap pelatihan atau pengambilan lisensi kepelatihan di Indonesia, Uncu selalu terlibat di dalamnya. Karena penyandang Instruktur FIFA untuk grassroot ini, memang berstatus koordinator instruktur di Indonesia. Sementara untuk lingkup sepakbola Sumbar, Uncu juga berjasa besar mengorbitkan sejumlah pelatih muda. Mencuatnya nama Nilmaizar, Indra Sjafri, dan Jafri Sastra juga tak terlepas dari peran Uncu.

6. Berada di belakang layar
Emral lebih banyak berada di belakang layar, sebagai pelatih fisik atau penasihat teknik, seperti yang dilakoninya di PSPS Pekanbaru (2001 dan 2005) dan PSDS Deli Serdang (2003). Sejak 2008, ia tidak melatih lagi, karena fokus menjadi instruktur. Adapun aktivitas terakhirnya menjadi penasihat teknik tim sepakbola Sumbar di PON Remaja 2014 di Surabaya.

7. Jabatan
Beberapa jabatan yang pernah/sedang dijabat Emral Abus, diantaranya:
- Dosen jurusan pendidikan olahraga FIK UNP
- Koordinator Instruktur Pelatih PSSI
- Anggota Komisi Etika Pengprov PSSI Sumbar
- Ketua Komisi Litbang Pengda PSSI Sumbar
- Anggota Komisi Litbang PSP Padang
- Anggota Technical Study Group Piala Asia 2007
- Pelatih PSP Padang
- Pelatih Kepala PPLP Sepak Bola Padang
- Asisten Pelatih PPLP Sepak Bola Padang
- Pelatih Fisik PSPS Pekanbaru
- Pelatih Fisik PSDS Deli Serdang
- Direktur Teknik PSPS Pekanbaru
- Penasihat/Pelatih PORDA Pesisir Selatan
- Ketua Komisi Pembinaan Klub Sepak Bola UNP
- Instruktur Pelatih Sepak Bola AFC/Nasional (2000-sekarang)
- Ketua Umum Persatuan IKBL Lubuk Nyiur Bt. Kapas Pesisir Selatan (2011-2015)
- Pengurus Asosiasi PSSI Sumbar (2013-2018)
- Exco Asosiasi PSSI Kota Padang (2014-2019)

8. Akun Facebook: emral.abus