Newsticker

Kemenkominfo Selenggarakan Gerakan Nasional Literasi Digital




Kick Off Aku Netizen Unggul

Kementerian Kominfo berkolaborasi dengan stakeholder terkait telah menyelenggarakan rangkaian acara gerakan nasional literasi digital #siberkreasi dalam kemasan "Smart Schools Online Kick-off'. Acara kick-off #akunetizenunggul ini merupakan kerjasama Kementerian Kominfo bersama gerakan nasional literasi digital #siberkreasi, google.org, Kemendikbud, ID-COP dan Indonesia Internet Governance Forum berlangsung di Kantor Kemkominfo, Jakarta, Sabtu (23/09/2017).

Acara rangkaian #Siber kreasi ini dibuka oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan (Semmy) yang mewakili Menkominfo Rudiantara.  Dalam sambutannya, Dirjen Aptika menjelaskan bahwa acara dirancang untuk lebih "mendengar suara anak-anak generasi milenial”. Dirjen Aptika dalam pemaparannya menegaskan bahwa kegiatan Smart School Online merupakan bagian dari "Peta Jalan Perlindungan Anak Indonesia di Dunia Internet". Kegiatan itu memberikan kesempatan kepada anak-anak  untuk berbicara di hadapan publik tentang pemanfaatan internet.

Dirjen Aptika menjelaskan mengenai upaya untuk membangun kesadaran baru di dunia internet. “Saatnya kita membangun kesadaran baru yaitu kesadaran dalam dunia Internet atau Siber. Pertama, di Internet apa yang kita muat (posting) tidak bisa terhapus, kalau kita hapus ada yang lain sudah capture atau sudah simpan. Kedua, juga meski kita buat nama palsu tetap akan bisa ketahuan karena di siber jejak dapat dilacak. Ketiga, ke depan riwayat kita bisa dilihat di Internet atau di siber misalya untuk wawancara pekerjaan, pemberi kerja dapat melakukan identifikasi kita lewat akun-akun media sosial yang pernah kita share," jelasnya.

Pre-launch gerakan nasional literasi digital #siberkreasi ini berlangsung selama dua hari, pertama woskhop di Kementeriaan Kominfo, sosialisasi pada Rabu (23/09/2017) dan Kick off pada area Car Free Day (CFD) Jakarta tepat di depan area FX Senayan pada Minggu (23/09/2017). Kegiatan Smart Schools ini juga secara serentak di selenggarakan di delapan kota lainnya di Indonesia.