Newsticker

Kota Bandung Raih Penghargaan Wali Kota Inovatif dan Adipura




Piala Adipura Kota Bandung 2017

Untuk ketiga kalinya, Kota Bandung meraih penghargaan Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.  Penyerahan piala Adipura diberikan langsung Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar di Gedung Manggala Wanabhakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia , Jakarta, Rabu (02/08/2017).

"Alhamdulillah ini yang ketiga kalinya. Ini semua tidak lepas dari andil semua yang ada di Pemerintah Kota Bandung yang terus berinovasi dalam menyikapi permasalahan lingkungan, para aparat pemerintahan wilayah seperti camat dan lurah juga termasuk semua masyarakat yang bersama-sama menjaga lingkungan sekitarnya supaya tetap bersih dan nyaman untuk ditinggali, semua ini berkat timwork bukan hasil kerja keras wali kotanya saja," ujarnya seusai menerima piala penghargaan Adipura 2017.

Inovasi Kota Bandung bidang lingkungan hidup
Dengan diraihnya penghargaan tersebut, sudah ada lebih dari 30 inovasi yang dibuat di Kota Bandung untuk melestarikan lingkungan. Banyak program dan peraturan yang dibuat oleh Pemerintah Kota Bandung dalam usahanya melawan segala kegiatan yang berdampak negatif terhadap lingkungan.

Beberapa program yang sudah diluncurkan oleh Kota Bandung, di antaranya pelarangan styrofoam hingga peraturan green building yang mewajibkan bangunan-bangunan hemat energi dan ramah lingkungan. Kota Bandung sendiri termasuk kota dengan udara yang paling bersih di Indonesia.

Sementara Siti Nurbaya mengatakan, penghargaan Adipura harus menjadi motivasi dalam meningkatkan mutu pelestarian lingkungan hidup. Kepada kota dan kabupaten peraih Adipura 2017 diharapkan bisa membuat banyak inovasi yang membuat Indonesia semakin sehat dan bersih.

Penghargaan Wali Kota Inovatif kategori Lingkungan Hidup
Sebelumnya, Ridwan Kamil selaku Wali Kota menerima penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2017 sebagai Wali Kota Inovatif kategori Lingkungan Hidup di Hotel Westin, Jakarta, Selasa (01/08/2017). Acara penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2017 mengundang 27 kepala daerah diantaranya 9 Wali Kota, 13 Bupati dan 5 Gubernur yang berhasil menyabet penghargaan dari beberapa kategori. Acara yang berlangsung sejak 2013 berhasil mengapresiasi kinerja kepala daerah yang berhasil membawa perubahan nyata bagi daerah yang dipimpinnya.