Informasi

Tahap Awal Cable Car Bandung Akan Menghubungkan Gelap Nyawang dan Cihampelas




Cable Car Bandung Skybrigde

Tidak lama lagi, Kota Bandung akan punya sarana transportasi alternatif. Rencana proyek pembangunan Cable Car sudah menunjukkan perkembangan. Dalam waktu dekat, Cable Car sebagai sarana mobilisasi publik pertama di Indonesia itu akan mulai groundbreaking. Hal itu diungkapkan Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil di Balai Kota Bandung, Senin (3/7/2017). Emil menyatakan bahwa semua proses perizinan dan pembiayaan sudah tidak ada masalah.

Menurut perhitungan yang dilakukan oleh timnya, proses pembangunan bisa dimulai dalam kurun waktu satu bulan ini. Selama proses itu berlangsung, Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial akan turun langsung mengawal jalannya persiapan pembangunan.

Dibiayai investor swasta
Berdasarkan berbagai proses yang dilakukan oleh Pemerintah Kota, pembangunan Cable Car ini akan didanai sepenuhnya oleh investasi dari sektor swasta, yakni PT Aditya Dharmaputra Persada. Oleh karena itu, regulasi membolehkan pemerintah kota untuk melakukan penunjukan langsung.

“Cable car menurut Peraturan Presiden bisa penunjukkan langsung selama full investasi,” kata Ridwan Kamil.

Bersama-sama beberapa perusahaan daerah di Kota Bandung, rute pertama yang akan dikerjakan oleh tim konstruksi adalah jalur Gelap Nyawang menuju Cihampelas. Sebagian konstruksi akan berintegrasi dengan Teras Cihampelas.

“Kemudian yang dilelang itu dari stasiun kereta ke Ledeng,” imbuh Ridwan.

Proses pengerjaan Cable Car ini sama sekali tidak menggunakan dana dari APBD. Segala proses pembiayaan dilakukan langsung oleh PT. Aditya bekerja sama dengan beberapa perusahaan daerah di Kota Bandung.