Newsticker

Hari Kerja Setelah Libur Lebaran, Layanan BPPD Kota Bandung Optimal




Sidak Ridwan Kamil ke BPPD Kota Bandung

Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil memastikan pelayanan publik di Kota Bandung sudah berjalan sepenuhnya pada hari pertama masuk kerja pasca libur Idul Fitri ini. Hal itu dikatakan Ridwan usai melaksanakan peninjauan ke beberapa instansi, salah satunya adalah Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BPPD) Kota Bandung yang terletak di Kompleks Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana No. 2, Senin (3/7/2017).

“Semua instansi per hari ini pelayanan publik sudah full speed,” ujar Ridwan. Ia menuturkan, setiap pelayanan publik sudah bisa berjalan sebagaimana biasa. Warga Bandung sudah bisa mendapatkan pelayanan pemerintah secara penuh.

Kedisiplinan berbanding lurus dengan pendapatan
Ia meyakini bahwa sistem Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) yang telah ditetapkan pemerintah kota sudah bisa membuat Aparatur Sipil Negara (ASN) bisa bekerja jauh lebih cepat. Hal itu berdampak pula pada kedisiplinan ASN di lingkungan Pemerintah Kota Bandung.

“Dalam konteks kedisiplinan, kalau di Kota Bandung sudah berbanding lurus dengan pendapatan. Jadi kalau mereka banyak melanggar, tidak disiplin, penghasilan perbulannya saya potong,” ungkap Ridwan.

Hal itu terlihat di Kantor BPPD hari ini, di mana seluruh ASN masuk di hari pertama kerja dan sudah langsung melakukan pelayanan kepada masyarakat. Tercatat, hanya 15 orang yang terlambat maksimal hingga 30 menit, dan 1 orang cuti melahirkan.

Saat memasuki kantor BPPD, Ridwan langsung menyalami para pegawai instansi tersebut seraya bersilaturahmi pasca Idul Fitri. Ia pun berkesempatan menyapa warga yang tengah meminta pelayanan terkait perpajakan.

Tinjau ruangan layanan
Satu-per satu ruangan di BPPD Kota Bandung ditinjau Ridwan, mulai dari ruangan pelayanan, ruang kerja pegawai, pusat data, hingga ruangan Command Center. Didampingi Sekretaris BPPD Nofidi Hajatiawan Ekaputra, Ridwan juga mendapat penjelasan fungsi-fungsi ruangan baru pasca perubahan Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) awal tahun lalu.

Sebelumnya, Ridwan juga melakukan peninjauan ke Kecamatan Sumur Bandung. Sebagai ujung tombak pelayanan publik, ia ingin memastikan bahwa wilayah pusat kota itu juga sudah berfungsi dengan optimal di hari pertama ini.

“Alhamdulillah hampir 100%, hanya satu orang yang sakit,” katanya.