Newsticker

Profil Pemain Persib: Fulgensius Billy Paji Keraf




Profil Billy Keraf Pemain Baru Persib

Tak butuh waktu lama bagi manajemen Persib merekrut Fulgensius Billy Paji Keraf untuk mengajaknya bergabung menjadi penggawa Maung Bandung. Djajang Nurjaman pun langsung kepincut dengan penampilan anak muda asal Nusa Tenggara Timur (NTT) tersebut.

"Kita akui, saya memberanikan diri merekrut pemain muda di luar Diklat Persib, karena memang Billy kemampuannya di atas. Kalau di bawah rata-rata enggak mungkin saya ambil. Visi bermainnya itu yang beda dari yang lain. Billy bisa dribble dan bisa sambil berlari, kepercayaan dirinya bagus. Ini yang sulit kita dapatkan dari pemain muda,” kata Djadjang mengenai tanggapannya akan sosok pemain muda ini. Persib memang sedang membutuhkan pemain muda untuk mengisi slot Febri Hariyadi dan Gian Zola yang dipanggil masuk skuad Timnas.

Bahkan, Billy pun langsung diturunkan saat Persib menghadapi PS TNI dalam lanjutan Go-Jek Traveloka Liga 1 di Stadion Pakansari, Cibinong, pada Sabtu (22/4/2017).

1. Billy adalah putra tunggal pasangan Siprinaus Ramatama asal Solor, Flores Timur dan Katarina Gendi, asal Habi, Sikka. Billy lahir di Jakarta pada 8 Mei 1997. Sejak kecil Billy sudah akrab dengan si kulit bundar. “Saya mengenal bola dari Ayah,” ungkapnya.
2. Pemain berpostur 156 cm dan berat 55 kg ini tercatat pernah mengikuti kompetisi Liga Danone ketika berusia 11 tahun dan di usia 12 tahun Bily bergabung dalam Timnas U-12.
3. Di masa remajanya, lulusan SMP St. Lusia Bekasi Timur ini bergabung ke tim Pespex. Di sinilah ia mengasah kemampuannya bermain sepakbola.
4. Selanjutnya ia bergabung ke timnas U-14 hasil seleksi Liga Kompas. Waktu itu, ia terpilih ke Swedia untuk mengikuti Gothia Cup. Gothia Cup adalah kejuaraan dunia junior terbesar di dunia yang sudah berlangsung sejak tahun 1975 di Gothenborg Swedia.
5. Billy sedang menjalani persiapan mengikuti Porda Jabar pada 2018 nanti. Ia akan memperkuat kesebelasan Kabupaten Bogor.
6. Sebagai pemain junior, dia dari ASIOP Jakarta lalu dia pernah tiga bulan di timnas sebelum dibubarkan karena sanksi.
7. Ia pernah masuk ke dalam skuat tim nasional Indonesia U-19 tahun 2015 asuhan Fachri Husaini yang waktu itu sedang melakukan persiapan jelang Piala AFF U-19. Namun sanksi pada PSSI membuatnya tertunda untuk mengharumkan nama timnas di kancah internansional.
8.  Saat main di Sikka, NTT ketika membela Persami Jakarta dalam Turnamen Segitiga di Gelora Samador Maumere, ia mampu merobek gawang Persami pada laga terakhir turnamen tersebut.
9. Billy resmi menandatangani kontrak dengan Persib, Kamis, 20 April 2017. Nama Billy langsung didaftarkan Djadjang ke PT Liga Indonesia Baru (PT LIB). Sementara batas waktu pendaftaran pemain juga baru ditutup pada 30 April 2017. Peluang Billy untuk segera berbaju Pangeran Biru di lapangan pun terbuka.
10. Setelah Billy disahkan sebagai pemain Maung Bandung yang bisa berlaga di Liga 1, akhirnya ia berada di antara jajaran pemain yang masuk daftar cadangan Persib lawan PS TNI (22/4/2017) dengan menggunakan nomor punggung 20.
11. Aksi Billy dalam penampilan  debutnya lawan PS TNI di Liga 1 sukses memukau Bobotoh dengan umpan-umpan dan gocekan mapay gawir-nya. Salah satunya, umpan pada Lord Atep yang sukses membuahkan gol ke-2. Dalam pertandingan lawan PS TNI tersebut, Billy masuk menggantikan Angga pada menit ke-36. Namun pada menit ke-74, Djanur menarik Billy keluar digantikan oleh Carlton Cole. Hasil akhir pertandingan, kemenangan Persib yang sudah di depan mata harus buyar saat PS TNI mampu menyamakan kedudukan 2-2.

- Akun instagram: @fulgensiusbilly
- Profil pemain Persib lainnya LIHAT DI SINI