Newsticker

Informasi Pendaftaran SBMPTN 2017 Panitia Lokal Bandung


Cara pendaftaran SBMPTN 2017 di Bandung

Pada tahun ini tercatat ada enam PTN yang membuka pendaftaran SBMPTN di wilayah panitia lokal 34 Bandung yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB) Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD), Universitas Siliwangi (Unsil) dan Institut Seni Budaya Bandung (ISBI).

Lima PTN yakni ITB, Unpad, UPI, UIN SGD dan ISBI berada pada wilayah panitia lokal Bandung, sementara Unsil berada di wilayah subpanlok Tasikmalaya. Dari enam PTN tersebut akan menampung 21.420 calon mahasiswa dari tiga jalur yang dibuka yakni SBMPTN, SNMPTN dan seleksi mandiri. Namun khusus untuk ITB dan Unpad tidak membuka jalur mandiri.

Pada tahun ini ITB menerima mahasiswa sebanyak 3.975 mahasiswa. Penerimaan melalui dua jalur yakni SBMPTN dan SNMPTN saja. Sementara untuk tahun ini Unpad menerima 5.900 mahasiswa yang terdiri dari 3.540 jalur SBMPTN dan 2.360 jalur SNMPTN.

Cara pendaftaran seleksi SBMPTN 2017
Berikut ini informasi pendaftaran seleksi  SBMPTN Panitia Lokal Bandung:
1. Tahap pendaftaran
Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) telah dibuka pada 11 April pukul 08.00 WIB sampai 5 Mei 2017 pukul 22.00 WIB. Khusus pendaftar CBT waktu pendaftaran akan dibagi menjadi dua tahap yaitu
a. Tahap pertama mulai tanggal 11 April pukul 08.00 WIB sampai 25 April pukul 23.59 WIB atau tanggal sebelumnya, sampai kuota tahap pertama habis.
b. Tahap kedua mulai tanggal 26 April pukul 08.00 WIB sampai dengan 5 Mei pukul 23.59 WIB
2. Pelaksanaan seleksi ini dapat diikuti oleh lulusan SMA/MA/SMK/MA atau sederajat tahun 2015, 2016, dan 2017.

3. Ujian
Ujian tertulis SBMPTN akan berlangsung sehari pada 16 Mei 2017, menyusul dua hari berikutnya ujian keterampilan bagi peserta yang memilih jurusan tertentu seperti seni dan pendidikan.

4. Jumlah peserta
Untuk wilayah Panitia Lokal 34 Bandung sendiri diperkirakan akan diikuti 45.373 peserta. target jumlah peserta SBMPTN tersebut meliputi 43.600 peserta kategori ujian tertulis (PBT), serta 2.135 peserta kategori ujian berbasis komputer (CBT). Jumlah peserta CBT ini meningkat dari tahun sebelumnya, dan dibuka oleh 5 PTN penyelenggara di wilayah Panlok 34.

5. Lokasi ujian
Lokasi ujian SBMPTN di Bandung utamanya tersebar di kampus Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD) Bandung, Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Bandung, juga Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Selebihnya memakai gedung-gedung sekolah dan kampus swasta.

Sedangkan lokasi ujian berbasis komputer tersebar di kampus Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Islam Negeri Bandung (UIN SGD), serta di sub panitia lokal yang berada di Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya.

6. Jumlah kursi
Rencananya, panitia lokal SBMPTN Bandung menyediakan total 43.600 kursi peserta ujian di Bandung dan Tasikmalaya, masing-masing Bandung 39.600 kursi dan di Tasikmalaya 4.000 kursi.

5. Mekanisme pendaftaran SBMPTN
a. Melakukan pengisian data nama dan tanggal lahir secara online di laman https://pendaftaran.sbmptn.ac.id/ guna mendapatkan Slip Pembayaran Biaya SBMPTN yang memuat kode pembayaran yang diperlukan untuk melakukan pembayaran seleksi.
b. Pendaftar melakukan pembayaran biaya seleksi sebesar Rp200.000 melalui bank mitra SBMPTN. Untuk tahun ini, ada tiga perbankan mitra, diantaranya Bank Mandiri, BNI, dan BTN.
c. Setelah melakukan pembayaran, peserta kemudian kembali mengakses laman pendaftaran SBMPTN guna melakukan finalisasi pendaftaran.
d. Bagi pendaftar lulusan 2014 dan 2015, wajib melampirkan ijazah pada saat proses pendaftaran. Sementara untuk lulusan tahun 2017, peserta harus memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah yang sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan, serta dibubuhi cap sekolah yang sah.