Newsticker

Hari Jadi ke-376 Kabupaten Bandung: Gelar Seni Budaya dan Bakti Sosial


Hari Jadi Kabupaten Bandung ke-376 di Cilodong Paseh

Dalam rangkaian memperingati Hari Jadi ke-376 Kabupaten Bandung, ragam kegiatan digelar di beberapa lokasi di wilayah Kab. Bandung. Salah satunya pertunjukan rakyat berupa pagelaran seni tradisional. Pada Rabu, (12/4/2017) digelar pertunjukan Wayang Golek Pojok Si Cepot, Terbangan, Marawis dan Pencak Silat, di Kampung Cilodong, Desa Karangtunggal, Kecamatan Paseh, Kabupaten Bandung.

Pagelaran tersebut menjadi salah satu cara yang ditempuh Pemkab Bandung dalam upaya memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya tentang pelestarian lingkungan alam sekitar. Selain dihadiri lebih dari 2000 pengunjung, dalam gelar seni tersebut, hadir pula Bupati Bandung H. Dadang M. Nasser, Ketua TP PKK Hj. Kurnia Agustina Dadang Nasser serta puluhan pejabat lainnya.

Masih di tempat yang sama, Dadang Naser disertai istri sempat melakukan senam pagi bersama dengan ratusan warga, dilanjutkan dengan pengobatan massal gratis, pada Kamis (13/4/2017). Sebanyak 370 warga mendapatkan pelayanan pengobatan gratis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung, RSUD Majalaya dan Puskesmas setempat. Selain itu, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Bandung membagikan santunan untuk 200 warga jompo dan anak yatim.

Acara lainnya yakni kegiatan Ngagogo, yakni tradisi menangkap ikan dengan tangan kosong. Kegiatan yang dikomandoi langsung oleh Bupati tersebut, melibatkan sekitar 500 warga Cilodong turut dalam suasana penuh keceriaan.

Dilansir dari sabilulungan.net, sebanyak 4,5 kuintal ikan mas sengaja ditabur di kolam ikan milik warga. Banyaknya jumlah ikan mas yang ditabur ini dilakukan supaya seluruh warga yang ikut ngagogo bisa memperoleh ikan untuk dibawa pulang. Warga pun terlihat bersuka cita, termasuk Bupati. Meski lebih dari setengah badannya nyemplung ke kolam lumpur, bupati terlihat berbaur bersama warga. (Diskominfo Kabupaten Bandung)