Newsticker

Oded: Pendidikan Karakter Membentuk Bangsa Berkualitas



Untuk memenuhi sumber daya yang berkualitas, tentunya pendidikan adalah faktor terpenting. Pendidikan berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Tujuannya pun tidak hanya mencetak sumber daya manusia yang cerdas, akan tetapi juga mampu mencetak kepribadian yang berkarakter, berakhlak, dan bertanggung jawab.

Hal tersebut dikemukakan Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial saat memberikan arahan kepada para guru dan kepala sekolah SD se-Kecamatan Babakan Ciparay, di SDN Babakan Ciparay Tengah Kota Bandung, Selasa (21/3/2017).

Lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah
Lanjutnya, mengenai pendidikan karakter ada beberapa hal yang perlu dipahami. Seperti lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah.

"Jika di sekolah, sebagai guru dan kepala sekolah wajib memberikan pembelajaran sesuai aturan. Seperti ilmu dasar maupun keagamaan. Lalu pembentukan karakter di rumah, sebagai orang tua harus bisa mendidiknya dari cara makan, ibadah, dan menghormati yang lebih tua," ujarnya.

Ditambahkan Oded, dunia pendidikan sebagai bagian penting untuk maju mundurnya sebuah bangsa. Pendidikan pun sebagai motor penggerak untuk memfasilitasi perkembangan pendidikan.

"Jadi keduanya merupakan satu kesatuan yang harus berjalan seiring dan berimbang," jelasnya.

Oded berharap, untuk para pengajar di sekolah sekolah harus bisa memberikan pembelajaran yang baik kepada murid-muridnya.

"Didiklah muridnya dengan karakter dan ahlak yang baik, maka kelak setelah meraka menjadi sukses insya allah pendidikan yang di terapkannya akan selalu diingat,"pungkas Oded.

Informasi lainnya seputar program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) lihat di sini.