Informasi Lengkap Seputar Gojek Traveloka Liga 1






Kompetisi resmi sepakbola kasta tertinggi Indonesia akan kembali digelar pada April 2017. Berikut ini informasi seputar Liga 1:

1. Titel liga
PSSI mengumumkan titel resmi kompetisi sepakbola kasta tertinggi di Tanah Air kali ini yakni Gojek Traveloka Liga 1. Operator transportasi online dan perusahaan penyedia layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel itu akan mendukung kompetisi selama satu musim. Sementara untuk operator kompetisi adalah PT Liga Indonesia Baru (LIB). Dana sponsor utama tersebut total mencapai Rp180 miliar, masing-masing mengucurkan dana Rp90 miliar.

2. Musim ke-60
Gojek Traveloka Liga 1 akan menjadi musim ke-60 dari kasta sepak bola tertinggi di Indonesia (di bawah PSSI)

3. Hak siar
TV One merupakan official broadcast Liga 1 dan Liga 2. Rincian:
- Total 206 pertandingan
- 9 pertandingan per pekan
- 7 pertandingan per pekan akan ditayangkan TV One
- Minimal ada 203 pertandingan live di TV One
- Jumat 2 pertandingan
- Sabtu 3 pertandingan
- Minggu 3 Pertandingan
- Senin 1 Pertandingan

* Kick off pukul 15.00 dan 18.30 WIB

4. Jadwal pertandingan
Rencananya, Liga 1 akan mulai bergulir 15 April 2017 dan Liga 2 mulai 18 April 2017. Untuk jadwal siar pertandingan: Senin satu kali, Jumat dua kali, Sabtu dua kali, Minggu dua kali. Jadwal pertandingan berlangsung selama 34 pekan dan berakhir pada 12 November 2017

5. Regulasi pergantian pemain
Setiap klub bisa melakukan pergantian pemain sebanyak lima kali dalam satu pertandingan. Regulasi baru tersebut dipakai karena ingin membuat Liga 1 berjalan lebih kompetitif.

6. Laga pembuka
Untuk laga pembuka, rencananya Persib Bandung VS Arema FC. Pertandingan akan dilangsungkan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Gedebage, Bandung. Pertandingan akan digelar pada Sabtu, 15 April 2017 pukul 18.30 WIB. Presiden Jokowi direncanakan akan menghadiri laga pembuka yang mempertemukan Persib VS Arema.

7.  Diikuti 18 klub
Liga akan diikuti oleh 18 klub peserta dari Liga Super Indonesia 2015. Klub-klub yang jadi peserta pada Liga 1 tahun ini di antaranya: Persib Bandung, Arema FC, Bali United, Barito Putera, Bhayangkara FC, Madura United, Mitra Kukar, Persiba Balikpapan, Persela Lamongan, Persegres Gresik United, Perseru Serui, Persija Jakarta, Persipura Jayapura, Pusamania Borneo FC, PS TNI, PSM Makassar, Semen Padang, dan Sriwijaya FC.

8. Water break
Dalam beberapa turnamen yang disiarkan langsung, ada water break saat laga di setiap babak sudah berjalan 30 menit, kini dihilangkan.

9. Transfer window
Baru akan dibuka pada 1 sampai 30 April 2017 dan  periode kedua akan dimulai 16 Juni sampai Agustus 2017.

10. Salary cap
Setiap klub memiliki salary cap minimal Rp 5 miliar dan maksimal Rp 15 miliar. Untuk subsidi kepada setiap klub ada Rp 7,5 miliar.

11. Aturan degradasi
Tiga klub terbawah Liga 1 akan terdegradasi ke Liga 2 2018, dimana akan ada tiga klub dari Liga 2 yang bakal naik kasta promosi ke Liga 1 2018.

12. Hadiah
Tidak ada uang tunai yang diberikan untuk klub yang menjadi juara di Liga 1. Namun, klub bisa meraih uang mencapai Rp17 miliar bila jadi juara pada akhir musim nanti. Uang sebesar itu adalah kontribusi komersial sebesar Rp7,5 miliar, peringkat tim, dan rating televisi.

*Regulasi dan jadwal bisa berubah sewaktu-waktu.

--------

Baca info-info seputarbandungraya.com lainnya di GOOGLE NEWS