Newsticker

UPI Bookpedia II Usung Gerakan Literasi Sekolah (GLS)



"UPI Bookpedia" merupakan program yang diselenggarakan oleh BEM Kema Perpusinfo Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) sebagai upaya mengeksistensikan mahasiswa Jurusan Perpustakaan dan Ilmu Informasi UPI.

Kegiatan ini juga sebagai seruan bagi para calon pustakawan, calon guru, pustakawan, guru, tenaga perpustakaan hingga kepala sekolah untuk melirik ranah perpustakaan baik di lembaga pendidikan formal maupun nonformal. Tujuannya, agar lebih peduli terhadap perkembangan literasi informasi di Indonesia dengan memanfaatkan keberadaan perpustakaan.

Tahun 2016 lalu, telah terlaksana Seminar UPI Bookpedia 1 yang sukses menarik para guru, pustakawan, kepala sekolah, tenaga perpustakaan hingga para mahasiswa sebagai peserta. Kegiatan waktu itu mengangkat tema “Sains Informasi dalam Perspektif Pekerja Informasi Sekolah”.

Adapun pada tahun ini, Seminar Nasional UPI Bookpedia  II dilaksanakan dengan tema “Peran Pustakawan Guru dalam Mendukung Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Abad XXI” yang di moderatori oleh Dian Arya Susanti.

Dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung
Kegiatan yang dilaksanakan pada 02 Maret 2017 di Gedung Amphitheater UPI Bandung pukul 08.00 WIB s.d. 12.00 WIB dengan jumlah peserta mencapai 192 orang, dengan pemateri terdiri dari 3 tokoh yang berpengaruh pada bidang dunia perpustakaan. Pemateri pertama oleh Elih Sudiapermana (Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung).

Dalam acara tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung menyampaikan “Kebijakan Pemanfaatan Perpustakaan dalam Mendukung Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Satuan Pendidikan Menuju Bandung Juara”. Sementara pemateri kedua adalah Blasius Sudarsono (pustakawan utama  PDII-LIPI) sekaligus penerima penghargaan Lifetime Achievment Award dari Perpusnas pada tahun 2013 dengan materi “Profesi Pustakawan Guru”. Pemateri ketiga diisi oleh Pangesti Wiedarti, Ketua SATGAS GLS Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan memberikan materi “Gearakan Literasi Sekolah di Indonesia”.

Donor darah dan bazar buku
Acara ini dihadiri pula oleh para pustakawan perpustakaan UPI, para dosen, dekan dan mahasiswa. Selain itu, pada kegiatan pembukaan peserta disuguhi oleh penampilan tari dari perwakilan BEM Kema Perpusinfo UPI yang menampilkan tari persembahan sekapur sirih.

"Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan eksistensi pustakawan dalam kegiatan Gerakan Literasi Sekolah (GLS), untuk menghilangkan bias peran pustakawan yang diperkuat dengan menghadirkan Elih Sudiapermana selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung yang sepenuhnya mendukung kegiatan GLS. Selain itu, untuk meningkatkannya kesadaran perkembangan literasi abad ini," ungkap Fajar selaku Ketua Pelaksana

Selain seminar nasional, dalam UPI Bookpedia II juga diadakan donor darah dan cek mata gratis dalam upaya membangun jiwa sosial. Kegiatan lainnya dengan diadakan bazar buku murah bagi kalangan umum yang banyak dimanfaatkan mahasiswa UPI selama tiga hari berturut-turut dari tanggal 1 - 3 Maret 2017.