Informasi

British Council-HSBC Dorong Pertumbuhan Minat Baca Anak





British Council melaui British Council Indonesia Foundation bersama HSBC Indonesia mendorong pertumbuhan minat baca anak-anak di Bandung lewat program "Kids Read 2016". Kegiatan tersebut melibatkan 15 sekolah mitra di lingkungan kota Bandung.

Lewat program tersebut, British Council dan HSBC telah menjangkau 2.240 guru, 21.642 siswa tingkat sekolah dasar yang tersebar di 518 sekolah di wilayah kota Bandung. Program ini juga merupakan salah satu upaya untuk mendukung gerakan literasi yang dicanangkan pemerintah Kota Bandung pada Mei 2016 lalu.

Berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan dalam progran Kids Read 2016 meliputi guru-guru tingkat sekolah dasar yang meliputi metodologi bercerita, memilih buku yang pantas, untuk anak-anak, serta mengintegrasikan mata pelajaran di sekolah dengan menggunakan metode bercerita dan teknik mengajarkan bahasa inggris kepada anak.

Meningkatkan kapasitas guru mengajar
Kids Read juga mengadakan lomba mendongeng yang merupakan sebuah cara bagi para guru dan siswa untuk menunjukkan peningkatan kesadaran nereka dalam literasi menukis dan nendongeng dan khususnya untuk mengintegrasikan mendongeng dalam metode mengajar yang efektif.

Direktur Pelatihan dan Pengembangan British Council di Indonesia Michael Little mengatakan program yang telah dijalankan sepanjang tahun 2016 tersebut lebih fokus kepasa para guru agar dapat mengampanyeukeun program Kids Read kepada guru-guru sekolah dasar lainnya.

"Dengan meningkatkan kapasitas guru (pengajar), maka kami telah berinvestasi untuk pendidikan tanpa batas," kata Little, dalam acara "Kids Read 2016 : The Story So Far" yang diselenggarakan di Museum Sri Baduga, Bandung, Sabtu (11/3/2017).

Sementara Head of Corporate Sustainability HSBC Indonesia, Nunu Sutyoko, menyatakan kebangaannya dengan dapat turut mendukung Gerakan Membaca melalui program Kids Read yang diselenggarakan dari tahun 2015 di Jakarta dan kemudian diteruskan di Bandung sepanjang tahun 2016.

"Kami percaya minat membaca pada anak dapat membuka banyak pintu bagi keberhasilan mereka di kemudiab hari. Di HSBC kami senantiasa bertekad untuk mendukung masyarakat mewujudkan cita-cita mereka, dan program ini adalah salah satunya," ungkap Nunu.

Lima belas sekolah mitra British Council dan HSBC dalam program "Kids Read 2016" di Bandung tersebut adalah SDN Cimuncang, SDN Cirateun, SDN Pajajaran, SDN Patra Komala, SDN Langensari, SDN Cibereum, SDN Bojong, SDN Pasawahan, SDN Pabaki, SDN Bhakti Winaya, SDN Cempaka Arum, SDN Cipamokolan, SDN Cipadung 3, SDN Lokajaya dan SDN Griya Bumi Antapani.

Pada tahun sebelumnya, melalui kerja sama yang terjalin dengan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, program Kids Read 2015 telah berhasil menjangkau 1.232 guru, 8.208 siswa, 172 sekolah yang tersebar di wilayah Jabodetabek.