Profil Para Pemain Sinetron Dunia Terbalik [1]






Nyalindung ka gelung (berlindung di balik sanggul), itulah ungkapan dalam bahasa Sunda yang mengandung makna lelaki/suami yang menggantungkan hidup pada wanita/istri. Gambaran suami yang menggantungkan hidup tersebut bisa disaksikan dalam sinetron komedi "Dunia Terbalik". Walaupun keadaan jualah yang menuntut mereka untuk menjadi kepala rumah tangga.

Kisah kampung TKW yang disajikan dalam sinetron komedi "Dunia Terbalik" kini jadi primadona baru tontonan masyarakat. Sitkom ini ratingnya terus menanjak. Walaupun banyak tokoh dalam sinetron ini, namun setiap tokoh mempunyai karakter sendiri yang unik.

Setiap tokoh mampu menyajikan kisah dengan problematika masing-masing. Seperti tokoh Kang Akum yang selalu galau dengan permasalahan bersama istrinya. Adapun sang anak, Febri, harus rela jauh dari belain sang ibu (Ceu Esih) yang kerja jadi TKW di negeri orang dan pulang setahun sekali.

Tokoh Idoy yang agak lemot namun memberi hiburan tersendiri walau sering disebut melehoy alias agak lemot oleh Aceng. Tokoh Dadang yang kerap menampilkan sisi kesombongannya karena ia merasa paling lebih dibanding lainnya, terutama perseteruannya dengan Aceng.

Ada pula tokoh Kang Koswara yang berupaya mencari kerja halal untuk anak dan istri, dari jadi tukang ojek sampai dagang cilok. Inilah tipikal enterpreneur yang berani jatuh bangun dalam membangun usaha sendiri karena tuntutan kebutuhan hidup. Gengsi dari istri dan anak, itulah yang jadi hambatan Koswara dalam wirausaha kecil-kecilan.

Sampai Koswara pun pernah "diusir" secara halus oleh sang anak saat ia dagang cilok di sekolah anaknya. Sang anak tak mau dipoyok (diledek) oleh teman-temannya karena kerjaan ayahnya yang hanya tukang cilok. Sosok Koswara selalu berjuang mati-matian agar sang istri tidak berangkat jadi TKW.

Lalu, kehadiran kisah cinta Sobri dan Dedeh "Cantik" menyajikan romantisme penuh perjuangan. Hidup Dedeh serba salah saat ia dijodohkan dengang Kang Subagja (Bagja). Atau tokoh si cantik Entin sang tukang warung yang banyak menarik perhatian kaum lelaki di Ciraos dan menjadi cinta sejati Sekdes. Adapun gambaran wanita smart dan penuh strategi ditunjukkan dengan sepak terjang Ceu Yoyoh. Ceu Yoyoh mampu belajar dari pengalaman dan pandai mencuci otak para penduduk.

Sementara perwakilan kaum tua yang merasa ingin selalu dianggap/ditokohkan namun masih lemah dalam ilmu agama (karena selalu bersumber dari internet) digambarkan oleh tokoh Pak Kemed. Lalu sosok Mak Suha, mertua Aceng, yang sangat peduli dengan cucunya. Ia tak mau menantunya selingkuh juga cucunya jangan maen ke warnet wae. Ia pun jadi "alarm" bagi para kaum lelaki saat anak-anak dari para bapak tersebut harus dijemput saat pulang sekolah.

Penasaran dengan para pemeran di sinetron yang bersetting di salah satu tempat di Jawa Barat tersebut? Berikut ini profil para pemain sinetron "Dunia Terbalik".

1. Agus Kuncoro pemeran Kang Akum
Tokoh Akum mempunyai karakter lembut dan cenderung lemah dalam menghadapi masalah. Ia pun menjadi tokoh pemersatu dan penengah di antara teman-temannya. Namun kegalauan akan keinginannya agar bisa selalu bersama istri yang jadi TKW menjadi masalah tersendiri bagi Akum. Tugas sang istri diembannya dengan mengurus anak semata wayangnya (Febri) yang beranjak ABG. Sementara bagi Kang Idoy, sosok Akum adalah sahabat sejati yang selalu membela dan mengerti akan dirinya.

Sosok Akum diperankan oleh Agus Kuncoro Adi. Agus Kuncoro adalah aktor senior yang sudah malang melintang dalam dunia hiburan layar kaca dan layar lebar. Karakter Azzam menjadi ikon dalam sinetron "Para Pencari Tuhan" yang ditayangkan SCTV setiap Ramadhan. Agus mengawali debutnya lewat film "Sayekti dan Hanafi: The Movie" (1988). Namanya melejit lewat perannya sebagai Azam dalam sinetron religi "Para Pencari Tuhan" bersama Deddy Mizwar yang kini jadi Wagub Jabar.

Foto-foto Agus Kuncoro pemeran Kang Akum lihat di sini.

2. Indra Birowo pemeran Kang Dadang
Tokoh yang selalu berseteru dengan Kang Aceng ini diperankan dengan pikasebeleun oleh Indra Birowo. Dadang dan Aceng bak Tom dan Jerry yang setiap bertemu pasti saling ledek dan saling sindir. Pria kelahiran 9 Januari 1973 ini adalah aktor sekaligus komedian yang dulu dikenal luas melalui acara komedi "Extravaganza" di Trans TV. Indra pertama kali muncul dalam film "Bintang Jatuh" tahun 2000.

Foto-foto Indra Birowo pemeran Dadang lihat di sini.

3. Sutan Simatupang pemeran Kang Aceng
Tokoh Aceng adalah sosok laki-laki playboy yang mudah tertarik pada wanita cantik, salah satunya Entin. Namun kuasa mitoha tak mampu ia lawan. Mertuanya yang galaknya minta ampun layaknya CCTV yang terus memantau pergerakan Aceng. Ketidakhadiran sang istri yang kerja di negeri orang membuatnya kerap rindu sosok perempuan. Inilah yang membuat sosok Aceng adalah lelaki purunyus yang selalu menggoda perempuan.

Di stasiun NET TV,  Sutan Simatupang main di sinetron "The East" berperan sebagai Kepala Departemen Produksi yang benama Dhewo. Pria jangkung badag dengan tinggi badan 184 cm ini semakin populer ketika tampil dalam serial pahlawan produksi Jepang Tokusatsu "BIma Satria Garuda" sebagai Rasputin yang tayang di tahun 2013.

Foto-foto Sutan Simatupang pemeran Aceng lihat di sini.

4. Mieke Amalia pemeran Ceu Yoyoh
Inilah sumber mengapa wanita di kampungnya banyak yang tertarik jadi TKW. Sebagai jaringan agen TKW, Ceu Yoyoh adalah sosok marketing yang mampu mempengaruhi penduduk untuk ambil bagian dari sistem kerjanya sebagai agen TKW. Ia selalu bersikap optimis dalam hidupnya walau statusnya single parent karena berpisah dengan sang suami. Namun, kehadiran Tuti, anak semata wayangnya, selalu jadi penyemangat.

Informasi lainnya seputar Sinetron "Dunia Terbalik" LIHAT DI SINI.

Sosok Ceu Yoyoh yang punya anak bergaya gaul bernama Tuti/Entut ini diperankan apik oleh Mieke Amalia. Istri aktor Tora Sudiro tersebut adalah seorang model, bintang iklan, komedian, dan aktris yang terkenal lewat acara komedi "Extravaganza" (2004) seangkatan dengan Indra Birowo. Wanita cantik berdarah Jawa ini pernah menjadi gadis sampul majalah Mode tahun 1993.

Foto-foto Mieke Amalia pemeran Ceu Yoyoh lihat di sini.

--------

Baca info-info seputarbandungraya.com lainnya di GOOGLE NEWS