Newsticker

Informasi Seputar SNMPTN 2017




Pada 2017, siswa jenjang SMA bersiap menghadapi UN juga Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri  (SNMPTN). Untuk biaya SNMPTN ditanggung pemerintah, sehingga siswa pendaftar tidak dipungut biaya apapun. Sementara siswa pendaftar dari keluarga kurang mampu dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan Bidikmisi.

Berikut ini informasi seputar SNMPTN 2017:

1. Pola penerimaan mahasiswa baru
Berdasarkan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 126 Tahun 2016 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguran Tinggi Negeri, diatur sejumlah pola penerimaan mahasiswa baru sebagai berikut:
a. Jalur SNMPTN, yaitu merupakan seleksi berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik calon mahasiswa.
b. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri  (SBMPTN), yaitu seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dengan metode cetak (paper based testing) atau komputer (computer based testing), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa.
c. Seleksi Mandiri (SM), yaitu seleksi yang diatur dan ditetapkan oleh masing-masing PTN.

Adapun untuk daya tampung calon mahasiswa, SNMPTN dan SBMPTN paling sedikit memiliki alokasi sebesar 30 persen dari total penerimaan calon mahasiswa. Sedangkan seleksi mandiri paling banyak 30 persen

2. Syarat seleksi
Seleksi melalui SNMPTN memilik syarat sekolah berdasarkan akreditasi.
a. Sekolah akreditasi A, siswa yang dapat mengikuti SNMPTN merupakan 50 persen terbaik di sekolahnya.
b. Sekolah akreditasi B, siswa yang dapat mengikuti SNMPTN merupakan 30 persen terbaik di sekolahnya. c. Sekolah dengan akreditasi C, 10 persen siswa terbaik.
d. Akreditasi sekolah lainnya, 5 persen siswa terbaik dapat mengikuti SNMPTN.

3. Pelaksanaan ujian
Pelaksanaan SBMPTN, untuk ujian computer based testing (CBT) ditetapkan peningkatan jumlah peserta, yaitu mencapai 30.000 siswa. Sementara Seleksi mandiri dilaksanakan hanya satu kali oleh masing-masing PTN setelah pengumuman SBMPTN. Seleksi mandiri, salah satunya dengan menggunakan nilai hasil tes SBMPTN yang difasilitasi oleh Panitia Pusat.

4. Jadwal Pelaksanaan SNMPTN
Jadwal pelaksanaan SNMPTN adalah sebagai berikut:
a. Pengisian PDSS: 14 Januari – 10 Februari 2017
b. Verifikasi PDSS: 15 Januari – 12 Februari 2017
c. Pendaftaran SNMPTN: 21 Februari – 6 Maret 2017
d. Pencetakan Kartu Tanda Peserta SNMPTN: 14 Maret – 14 April 2017
e. Proses Seleksi: 15 Maret - 15 April 2017
f. Pengumuman Hasil Seleksi: 26 April 2017

Proses verifikasi dokumen peserta dan/atau pendaftaran ulang di PTN masing-masing bagi yang lulus seleksi tanggal 16 Mei 2017 (bersamaan dengan pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN 2017).

5. Jumlah Pilihan PTN dan Program Studi
a. Pendaftar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 PTN. Apabila memilih 2 PTN, maka salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan SMA asalnya, apabila memilih satu PTN, maka PTN yang dipilih dapat berada di provinsi mana pun.
b. Pendaftar dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dengan ketentuan 1 PTN maksimal 2 program studi.
c. Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.
d. Siswa SMK hanya diizinkan memilih program studi yang relevan dan ditentukan oleh masing-masing PTN.
e. Daftar program studi dan daya tampung SNMPTN tahun 2017 dapat dilihat pada laman http://www.snmptn.ac.id selama periode pendaftaran.

6. Pendaftaran SNMPTN
a. Siswa pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan, menggunakan NISN dan password login ke laman SNMPTN 2017 http://www.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.
b. Siswa pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada). Pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilih.
c. Siswa pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman http://www.snmptn.ac.id.
d. Siswa Pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

Bagi sekolah dan/atau pendaftar yang mengalami kesulitan akses Internet, dapat melakukan pengisian PDSS maupun pendaftaran dapat dilakukan di PLASA TELKOM di seluruh Indonesia.

7. Laman Resmi dan Alamat Panitia Nasional
a. Informasi resmi SNMPTN 2017 dapat diunduh melalui laman http://www.snmptn.ac.id.
b. Informasi resmi juga dapat diperoleh melalui http://halo.snmptn.ac.id, dan call center 08041-450-450.
c. Alamat Panitia Pusat: Gedung dr. Prakosa (Lt.2)Kantor Pusat Universitas Sebelas Maret,  Jl. Ir. Sutami No 36A, Kentingan Surakarta 57126, Telp. 0271-7890329, Fax. 0271-636268
d. Email: panpus.snmptn.sbmptn@mail.uns.ac.id
e. Siswa pendaftar dari keluarga kurang mampu dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan Bidikmisi melalui laman http://belmawa.ristekdikti.go.id/bidikmisi.
f. Perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan SNMPTN Tahun 2017 akan diinformasikan melalui laman http://www.snmptn.ac.id.