Informasi

Peluncuran Antologi Haiku dan Haiga "Harmoni Sunyi" Karya Dian Kencana




Peluncuran dan bedah buku antologi haiku dan haiga "Harmoni Sunyi" karya Dian Kencana berlangsung pada Jumat, 23 Desember 2016 bertempat di The Cipaku Garden Hotel, Bandung. Bertindak sebagai pembedah buku di antaranya Herry Dim, Romo RO WI MA, Yesmil Anwar, dan Narudin Pituin. Acara bedah buku ini dihadiri para mahasiswa, anggota komunitas haiku, dan umum.

Pustaka Haikuku sebagai penerbit menjelaskan bahwa antologi haiku dan haiga merupakan yang pertama di Indonesia. Buku tersebut merupakan  karya yang memberikan nuansa lain terhadap perkembangan sastra, khususnya puisi haiku, yang tidak dimiliki karya sastra lainnya. Dalam buku tersebut gambar atau lukisan secara kolaboratif menyatu dalam karya sastra haiku.

Buku ini merupakan karya pertama Dian Kencana sejak bergabung dengan Komunitas Haikuku Indonesia. Karya ini merupakan kumpulan dari haiku atau puisi sederhana yang memiliki renungan yang mendalam serta bermakna dikolaborasi dengan haiga atau objek seni rupa sehingga buku ini harmonis di setiap lembarnya.

"Haiku dan haiga yang terinspirasi dari Jepang ini diharapkan mampu menginspirasi masyarakat Indonesia. Dalam hal ini khususnya anak muda agar mengenal haiku (tulisan) dan haiga (gambaran) yang merupakan puisi bertingkat dengan pola 575 agar penulis menuangkan apa yang dirasakan dan apa yang terjadi," ungkap Dian Kencana.