Newsticker

Omoco Kembangkan Jaringan Komunikasi di Indonesia




Omoco, solusi jaringan dari Micro Telecom Mobile (divisi dari Vihaan Networks Limited), berpartisipasi dalam panel diskusi “Indonesia Economy and ICT Outlook 2017” yang diselenggarakan oleh Mastel (Masyarakat Telematika Indonesia) pada Kamis, 1 Desember 2016.

Dalam diskusi tersebut, Menteri Komunikasi dan Informasi Teknologi, Rudiantara memaparkan rencana pemerintah Indonesia di tahun 2017, dimana salah satu fokusnya adalah meningkatkan broadband connectivity untuk menyediakan layanan telekomunikasi yang lebih baik di Indonesia.

Hingga saat ini, ada 300 dari 514 kota-kota di Indonesia yang sudah terhubung dengan koneksi 4G LTE. Sementara 400 kota terhubung melalui backbone. Rudiantara menegaskan pentingnya informasi dan komunikasi teknologi untuk perkembangan negara.

Mengomentari hal ini, Karun Kapil, Director Business Development, SEA & Oceania, Omoco, mengatakan, “Kami mempunyai visi untuk meningkatkan konektivitas di daerah terpencil dan untuk mengembangkan Indonesia, dimana ini sejalan dengan visi pemerintah Indonesia. Omoco dapat menjembatani celah konektivitas di Indonesia. Dengan solusi kami, masyarakat di daerah terpencil dapat dengan mudah membuat dan memasang jaringan mereka sendiri layaknya Wi-Fi access point. Solusi jaringan komplet Omoco dapat langsung digunakan dalam hitungan jam.”

Pengembangan dari ICT dan peningkatan ekonomi
Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), pengembangan dari ICT, terutama broadband, telah dianggap sebagai kunci untuk perkembangan ekonomi yang berkelanjutan dan meningkatkan ekonomi berbasis pengetahuan. ICT.

Inovasi disruptif, sebuah istilah yang mengarah kepada teknologi inovasi yang berhubungan dengan mobile internet, big data,dan cloud technology, diharapkan untuk berkontribusi 4 sampai 12 persen untuk Gross Domestic Product (GDP) ASEAN di 2030 (McKinsey, 2014)

Omoco menawarkan solusi jaringan hemat biaya termasuk hardware dan software untuk menyelesaikan masalah konektivitas di daerah terpencil. Didesain secara spesifik untuk daerah dengan akses terbatas, perangkat Omoco mudah dibawa ke daerah terpencil dan dapat dioperasikan dalam waktu singkat, yang juga dilengkapi dengan petunjuk pengoperasian dalam Bahasa Indonesia untuk memudahkan pemasangan dan pengoperasian.

Perangkat Omoco terintegrasi dengan VoIP, Wireless Local Loop (WLL) seluruh jaringan mobile dan operator, penyampaian suara, pesan singkat dan layanan data di daerah terpencildapat berjalan dengan lancar.