Newsticker

Sedang Mencari Kerja? Inilah Situs-Situs Penyedia Informasi Lowongan Kerja




Mencari informasi lowongan kerja (loker) sekarang bukan hanya di media cetak, namun di internet pun banyak situs-situs lowongan kerja yang kredibel. Untuk informasi lowongan kerja di media cetak kebanyakan di koran harian. Koran-koran harian menyediakan kolom khusus informasi lowongan kerja biasanya pada hari Sabtu. Untuk pengiriman surat lamaran sendiri biasanya dengan pengiriman langsung melalui pos dan melalui email HRD perusahaan.

Kemudahan Melamar Kerja Melalui Situs Loker Online
Sementara di dunia online, sekarang banyak bertebaran situs-situs yang menyediakan informasi lowongan kerja. Untuk proses pengiriman surat lamaran, situs loker lebih mudah dengan hadirnya fasilitas menu untuk pengiriman online. Para pelamar kerja tinggal mengunggah berkas surat lamaran, curriculum vitae (CV), ijazah, pas foto, dan lainnya. Pelamar hanya perlu memindai (scan) berkas yang diperlukan seperti KTP. Untuk prosedur pendaftaran lamaran, pelamar hanya registrasi di situs tersebut dengan menggunakan surel (e-mail).

Namun yang perlu diperhatikan bagi para calon pelamar adalah menyangkut kredibilitas situs loker tersebut. Jangan sampai calon pelamar tertipu oleh situs abal-abal. Situs yang resmi biasanya sudah menjalin kerja sama dengan perusahaan-perusahaan. Inilah biasanya selain menginformasikan loker di situsnya sendiri, perusahaan juga menginformasikan di situs lowongan kerja yang sudah menjalin kerja sama secara resmi.

Hati-Hati Situs Loker Abal-Abal
Beberapa tips lain yang perlu diperhatikan oleh calon pelamar yang akan mengajukan lamaran kerja melalu online, di antaranya:
1. Pastikan situs yang menginformasikan lowongan kerja adalah situs yang resmi alias sudah bekerja sama dengan perusahaan penyedia loker. Ini bisa dilihat dari kredibilitas websitet yang sudah berekstensi .com, misalnya (bukan blogspot.com atau wordpress.com). Silakan kenali identitas situs dengan membaca term of service, profil perusahaan, alamat dan kontak, dan info-info lainnya hingga Anda yakin bahwa situs loker tersebut bisa dipercaya.
2. Pengiriman data lamaran (berkas) langsung di situs tersebut. Sebelumnya Anda harus registrasi (sign up) dulu dengan memasukan data-data diri dan akun media hubung (e-mail). Setelah daftar online, calon pelamar kerja nantinya punya akun yang bisa digunakan untuk login setiap waktu.
3. Proses pengiriman lamaran hanya satu arah alias tidak ada kontak surat menyurat atau telepon. Pemberitahuan biasanya langsung melalui e-mail yang didaftarkan oleh calon pelamar kerja. Bila ada hal-hal yang mencurigakan, misalnya Anda ditelepon atau SMS dan disuruh untuk transfer uang dengan nominal tertentu agar bisa diterima kerja, dipastikan itu upaya penipuan. Beberapa ciri modus lainnya:
- Mengundang pelamar kerja untuk wawancara, kemudian berubah menjadi multilevel marketing atau skema penjualan piramida;
- Menyalahgunakan informasi resume pelamar kerja untuk menjual produk (seperti asuransi, dll) atau membuat penawaran yang tidak berhubungan dengan lowongan yang diiklankan;
- Umumnya tidak benar, meragukan atau menyesatkan (misalnya judul lowongan, penjelasan pekerjaan atau penjelasan perusahaan yang membingungkan/menyesatkan), atau
- Menggunakan e-mail berbasis web dengan alamat umum, bukan alamat email milik perusahaan.

Bagi Anda yang ingin mencari lowongan kerja berdasarkan domisili, bisa mencarinya di menu/search situs tersebut dengan kata kunci "Bandung" atau "Jawa Barat" misalnya.

Untuk referensi situs-situs lowongan kerja di Indonesia, di bawah ini di antaranya.

1. jobstreet.co.id
adalah salah satu perusahaan penyedia informasi lowongan pekerjaan terkemuka di Asia. Situ loker ini berperan sebagai fasilitator pencocokan dan komunikasi lapangan kerja antara pencari kerja dan perusahaan, di Malaysia, Filipina, Singapura, Indonesia dan Vietnam. Beralamat di Prudential Tower, 18th floor Jl. Jenderal Soedirman Kav. 79, Jakarta.

2. karir.com
Karir.com adalah portal loker yang berdiri sejak 1999. Sejak Desember 2014, Karir.com menjadi bagian dari Emtek Group, sebuah grup dengan 3 divisi bisnis utama: Media, Telekomunikasi & Solusi IT, dan Konektivitas. Beberapa portofolio Media Online Emtek: Liputan6.com, lakupon.com, vidio.com, dan kini Karir.com – menyediakan layanan bagi perusahaan demi mendapatkan kandidat terbaik melalui iklan online. Beralamat di Jl. Bumi No.10, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

3. jobindo.com
Portal loker yang didirikan Tahun 2005 merupakan website atau situs lowongan kerja di Indonesia yang menawarkan banyak lowongan kerja terbaru setiap hari. Beralamat di Green Palace, Tulip 7AC Kalibata City, Jln. Kalibata Raya No. 1, Jakarta Selatan.

4. karirpad.com
Portal penyedia informasi lowongan kerja, namun bukan job board biasa. Situs loker ini hadir sebagai perusahaan yang bergerak di bidang produksi aplikasi rekrutmen online. Manajemen situs ini bermarkas di Jakarta Barat, tepatnya di Gedung Samudera Indonesia, dan dibentuk pada 2013.