Informasi

Inilah Tempat Wisata Bandung yang Menyajikan Konsep Unik untuk Selfie





Potensi wisata Bandung memang tak diragukan lagi. Bandung menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelancong yang menghabiskan liburan. Inilah peluang yang ditangkap oleh para pelaku usaha untuk menjadikan tempat wisata yang dikelolanya semakin mempunyai daya pikat. Para pengelola tempat wisata berlomba-lomba untuk menjadi yang paling ngehits di kalangan wisatawan dan tempatnya tersebut semakin ramai dikunjungi.

Walaupun ada kecenderungan penyajian konsep yang mirip-mirip seiring tren, misalnya hadir "taman cinta". namun tempat-tempat wisata tersebut tetap mempunyai ciri khas tersendiri. Salah satu konsep yang tren diusung adalah hadirnya spot-spot selfie yang punya ciri khas untuk diabadikan oleh para pelancong untuk diunggah di media sosial. Ya, kehadiran foto-foto dan caption di media sosial seperti Instagram memang menjadi daya booster untuk semakin dikenalnya tempat tersebut.

Kecenderungan ini semakin menggeliat sejak dua tahun belakangan ini. Pembuatan spot-spot untuk swafoto tersebut kadang menjadi investasi lebih bagi para pengelola objek wisata Bandung. Namun, hasilnya pun sebanding dengan biaya pembangunan yang telah dikeluarkan. Inilah tren wisata di Bandung yang kemudian lebih semarak dengan hadirnya tempat-tempat untuk swafoto. Dan objek-objek wisata yang menyebar secara viral di media sosial tersebut, akhirnya memancing para wisatawan lain untuk datang.

Tren Rumah Hobbit
Tempat-tempat wisata yang menyajikan konsep unik tersebut misalnya yang paling ngehits adalah Farmhouse Susu Lembang yang menyedot banyak pengunjung. Di tempat wisata ini, sajian Rumah Hobbit menjadi trending tersendiri di media sosial. Wisatawan sepertinya belum sah ke Bandung jika belum berswafoto di Rumah Hobbit Farmhouse Lembang.

Belum lagi dengan hadirnya spot lain untuk latar selfie seperti rumah-rumah gaya Eropa, curug mini, hingga aneka hewan peliharaan yang turut berbaur dengan pengunjung. Konsep spot rumah Hobbit pun kini juga hadir di Maribaya Natural Hot Spring & Resort.

Mempercantik Wisata Alam
Sementara untuk tempat wisata alam, keberanian Perum Perhutani untuk mempercantik Curug Cimahi dengan konsep air terjun pelangi membuahkan hasil. Bahkan, penamaan pun diganti dengan Curug Pelangi pun berhasil dan semakin dikenal oleh wisatawan. Para wisatawan dari luar Bandung pun berbondong-bondong ke tempat wisata yang ada di daerah Parongpong, Cisarua ini.

Lalu, tempat lainnya ada The Logde Maribaya di Cibodas, Lembang yang menyajikan konsep berfoto ala pegunungan luar negeri. Tempat ini pun semakin ngehits di kalangan netizen dan ramai dikunjungi wisatawan. Sementara di daerah Bandung selatan, ada Barusen Hills di Gambung, Ciwidey, yang menyajikan taman wisata penuh bunga-bunga ala Belanda.

Konsep ini pun diusung oleh Kampoeng Tulip yang ada di kawasan Perumahan Banyu Biru, Ciwastra, Kab. Bandung. Walaupun untuk areanya tidak terlalu luas, namun Kampoeng Tulip menjadi salah satu tujuan wisata juga tempat foto prewedding yang banyak diminati.

Tempat terbaru yang hadir dengan konsep unik yakni hadirnya perahu pinisi di area Situ Patenggang, Rancabali Ciwidey. Lakeside Glamping Rancabali, berlokasi persis di pinggir Situ Patenggang (Patengan). Ciri khasnya adalah fasilitas tempat makan berbentuk perahu pinisi dan tempat berkemah eksklusif di area Situ Patenggang.

Wisata Kebun Bunga
Nama Kebun Bunga Begonia pun menjadi lokasi wisata di kawasan Bandung utara yang menjadi favorit wisatawan. Inilah lokasi wisata bunga di Cihideung, Lembang yang kerap dijadikan tempat selfie. Selain bisa melihat bunga-bunga yang indah, pengunjung pun bisa membeli aneka bunga di sini.

Kegiatan lainnya yang bisa pengunjung lakukan adalah petik buah. Di sini pun tersedia aneka tanaman sayuran segar: abe, jagung, terong ungu, tomat ceri, terong putih, kaktus, brokoli, dan sebagainya. Tempat wisata yang lagi hits di Lembang ini buka dari pukul 8.00 hingga pukul 17.00 WIB.

Beberapa tempat lainnya pun kini semakin bersolek dengan menyajikan konsep unik. Misalnya di Terminal Grafika Cikole, dimana di sini wisatawan selain bisa outbond juga bisa berfoto-foto di beberapa area yang eye catching untuk berfoto. Tak ketinggalan, untuk taman pun kini semakin banyak dikunjungi seperti taman-taman yang dikelola oleh Pemkot Bandung atau swasta, misalnya Peta Park yang ada di bilangan Jalan Peta (dekat Mal Festival Citylink) Bandung.

Penataan Kawasan Publik Milik Pemerintah
Inilah kemudian yang ditangkap Pemerintah Kota Bandung yang sama-sama menyajikan keunikan tempat wisata yang dikelolanya. Ini bisa dilihat dengan revitalisasi taman-taman (Taman Vanda, Taman Lansia, dll) hingga area publik seperti Teras Cikapundung di dekat Babakan Siliwangi atau Cikapundung Riverspot dekat Gedung Merdeka.

Kini, sedang dikembangkan juga penataan kawasan Lapangan Tegallega dan hutan kota Babakan Siliwangi. Bahkan, penataan pun dilakukan di kawasan Balai Kota Bandung dengan hadirnya Taman Anak Sungai Cipayang, gembok cinta, hingga taman labirin. Spot wisata di dekat Jln. Merdeka ini pun kian hari banyak diminati pengunjung dari warga Bandung juga wisatawan dari luar kota.

Malah, pihak Pemerintah Provinsi Jawa Barat pun tak mau ketinggalan. Lapangan Gasibu yang berada di seberang Gedung Sate kini telah direvitalisasi dimana area lapangan ditanami rumput, jogging track, amphitheater, perpustakaan, serta air mancur. Dan taman air mancur ini pun sekarang mulai jadi tempat selfie favorit wisatawan. Dry musical fountain di Lapangan Gasibu ini merupakan teknologi dari Jerman  dengan total anggaran untuk air mancur menari ini mencapai sekitar Rp 6,5 miliar.