Newsticker

Jembatan Cipurut Rampung, Akses Bojongsoang-Dayeuhkolot Bisa Dilalui




Pengerjaan Jembatan Cipurut yang merupakan penghubung Jln. Bojongsoang ke Dayeuhkolot telah rampung. Pada Rabu (28/9/2016) pagi, tim seputarbandungraya.com melewati akses tersebut dan terlihat kendaraan sudah bisa melalui Jembatan Cipurut. Blokir di pertigaan Bojongsoang ke arah Jembatan Cipurut pun sudah dibuka. Perbaikan jembatan tersebut secara teknis mengganti bangunan jembatan lama dengan yang baru. Jembatan di dekat Zifur tersebut kini lebih tinggi.

Selama ini, warga yang mengunakan akses jembatan tersebut memang mengharapkan perbaikan jembatan tersebut rampung. Maklum saja, jembatan tersebut termasuk salah satu akses vital untuk jalur transportasi masyarakat yang ingin ke Dayeuhkolot atau ke Bojongsoang. Imbas tidak bisa digunakannya jembatan selama perbaikan, Jln. Bojongsoang pun kerap disergap macet parah. Antrean kendaraan biasa mengular dari Jln. Cijagra hingga jalan masuk ke Telkom University.

"Alhamdulillah, sekarang mah jembatan bisa dilalui. Lumayan lah penuhnya kendaraan bisa diurai. Selama jembatan ini diperbaiki, saya terpaksa lewat jalan alternatif. Saat jembatan ini dibenerin, Jalan Bojongsoang semakin parah macetnya. Tapi saya mengucapkan terima kasih kepada pihak terkait yang sudah membereskan jembatan ini. Tapi satu lagi, tolong untuk kemacetan di Jalan Bojongsoang rada diperhatikan. Kendaraan yang keluar masuk belokan ke Telkom University bikin macet wae tuh, terutama pada jam sibuk. Macetnya makin parah," tutur Sodik (37) pengguna kendaraan bermotor yang sehari-hari biasa menggunakan jalur Bojongsoang.

Memang selama masa perbaikan, pengguna jalan dari Bojongsoang yang ingin ke Dayeuhkolot atau sebaliknya terpaksa menggunakan alternatif ke Jln. Sukabirus (Telkom University), Jln Cijagra, atau jalur memutar ke Baleendah.

Jembatan Lebih Lebar dan Tinggi
Dan pada September ini, jembatan tersebut pun akhirnya rampung dengan kondisi yang lebih baik dibanding sebelumnya. Perbaikan jembatan tersebut dilakukan dengan membongkar seluruh bangunan jembatan lama, kemudian membangun jembatan baru di lokasi yang sama.

Jembatan lama asalnya memiliki panjang 16 meter, sedangkan kini menjadi 20 meter. Juga lebar jembatan awalnya hanya 6 meter, kini ditambah menjadi 8 meter. Permukaan jembatan pun ditinggikan menjadi 1,2 meter. Dengan demikian, sampah tidak akan terjebak di jembatan ini lagi dan jembatan tidak akan terkikis air sungai saat permukaannya meningkat. Sebelumnya, Jembatan Cipurut mengalami anjlok atau penurunan permukaan jembatan, serta ambles sebagian, pada Maret 2016.