Newsticker

Unpad Mobile, Aplikasi Sistem Informasi Administrasi Terintegrasi




Perkembangan teknologi digital menjadi hal penting yang harus siap dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. Inilah yang dilakukan oleh Universitas Padjadjaran (Unpad) bekerja sama dengan Telkomsel. Hanya dengan menggunakan gawai di genggaman tangan, mahasiswa bisa memanfaatkan fitur mengatur jadwal konsultasi dengan dosen atau pembimbing, info akademik, mengatur jadwal kuliah, hingga informasi lowongan pekerjaan. Aplikasi bernama "Unpad Mobile" ini memang ditujukan untuk mendukung proses belajar mengajar di lingkungan Unpad.

Aplikasi berbasis teknologi seluler ini dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk mendukung aktivitas pendidikan. Aplikasi Unpad Mobile dapat diunduh di Play Store untuk pengguna Android dan Apple Store bagi pengguna iOS. Untuk mendukung pemanfaatan aplikasi ini, Telkomsel telah menandatangani nota kesepakatan dengan pihak Unpad pada  Jumat, (5/8/2016).

Dukungan lainnya dari pihak Telkomsel yakni dengan memperkuat layanan jaringan, khususnya untuk jangkauan indoor di sejumlah fasilitas gedung yang ada di kampus Unpad. Selain itu, Telkomsel pun menyediakan sarana tranportasi gratis untuk mahasiswa melalui penyerahan dua unit mini shuttle bus.

"Aplikasi ini akan menjadi kekuatan akademik dan bermanfaat. Konteks kekuatan akademik Unpad diarahkan untuk kepentingan banyak pihak, seperti mahasiswa, juga masyarakat luas," ucapnya. Tri menjelaskan, pada era digital saat ini akan kian sulit jika tidak menerapkan prinsip digital karena dapat mendorong pembangunan di berbagai aspek," tutur Rektor Unpad Tri Hanggono Achmad.

Sementara Direktur Sales Telkomsel Mas'ud Khamid mengemukakan bahwa aplikasi Unpad Mobile menyinergikan kepentingan Unpad, orangtua, mahasiswa, hingga alumni. Sementara dilihat dari aplikasi yang telah di pasang di Google Play Store dijelaskan bahwa aplikasi ini menyediakan beberapa fungsi telah disediakan dalam aplikasi Sistem Informasi Administrasi Terpadu ( SIAT ) khususnya Sistem Akademik Supporting  dengan konten menu berisi: informasi umum tentang Unpad; informasi khusus untuk mahasiswa; event, hingga informasi peta dan transportasi di sekitaran kampus Unpad.