Informasi

Mempererat Tali Silaturahmi Warga dengan Ngabotram




Semarak HUT ke-71 Republik Indonesia dirayakan seluruh masyarakat. Tak terkecuali warga di lingkungan RT 04 RW 14 Kompleks Griya Bandung Asri 1 (GBA 1), Desa/Kec. Bojongsoang, Kab. Bandung. Pada Minggu (21/8/2016) warga di lingkungan RT 04 menggelar beberapa kegiatan untuk memperingati HUT RI tahun ini. Sebelumnya, menjelang perayaan HUT RI, warga bergotong-royong menghias lingkungan sekitar perumahan dengan pernak-pernik bertema HUT Kemerdekaan RI.

Pada pagi hari salah satu ruas jalan perumahan yang ada di RT 04 tersebut ditutup sementara dan digunakan untuk kegiatan lomba-lomba agustusan. Beberapa anak-anak dikawal orangtuanya memulai kegiatan dengan mengadakan pawai sepeda hias. Sepeda-sepeda yang dibawa anak-anak tersebut  terlihat warna-warni dengan aneka ornamen yang didominasi warna merah dan putih. Kegiatan lomba yang diikuti oleh anak-anak digelar oleh panitia kecil dari para pemuda dan pemudi lingkungan RT 04.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan menggelar aneka perlombaan, dari lomba bawa kelereng dengan sendok hingga lomba memecahkan balon. Anak-anak yang ikut lomba terlihat sangat antusias dengan penuh kegembiraan mengikuti kegiatan tersebut. Untuk hadiahnya sendiri sederhana, hanya beberapa paket kecil aneka makanan ringan yang dibungkus dalam plastik. Menurut pihak panitia, untuk hadiah ini merupakan rereongan sumbangan dari para orangtua di lingkungan RT 04 RW 14 Kompleks GBA 1.

Setelah aneka perlombaan selesai digelar, giliran para orangtua yang berkumpul dengan membawa anak masing-masing. Para orangtua tersebut menggelar kegiatan botram alias makan bersama di rumah salah satu warga. Dengan sajian nasi liwet, sayuran, olahan telur, ikan asin, karedok, hingga sambal dadak, warga tampak menikmati suasana makan bersama ala pilemburan tersebut. Menurut Ali Yurja, Ketua RT 04, menu dari nasi dan lauk pauk berasal dari para warga yang membawa dari rumah masing-masing.

"Kegiatan ini bukan sekadar lomba-lomba atau makan bersama. Namun, lebih dari itu yaitu sebagai ajang mempererat silaturahmi bagi warga di lingkungan RT 04. Dan momen perayaan hari kemerdekaan inilah kami manfaatkan untuk kumpul bareng. Maklum saja, selama ini warga pada sibuk dengan rutinitas kerja dan kegiatan lain. Dan hari ini, dari anak-anak hingga para orangtua berkumpul bersama menikmati kebersamaan ini. Insya Allah, kegiatan seperti ini pun biasa kami selenggarakan dalam momen-momen lain seperti kemarin halal bihalal juga nanti saat Lebaran Haji (Idul Adha)," demikian pungkas Ketua RT 04 Ali Yurja.