Newsticker

Libur Lebaran, Pengunjung Kebun Binatang Bandung Membeludak




Kebun Binatang Bandung menjadi salah satu tujuan wisata favorit keluarga. Tempat wisata di dekat kawasan kampus ITB ini pada libur Lebaran 2016 dipenuhi pengunjung. Puncak libur panjang Idul Fitri 2016, pengunjung meningkat sangat drastis dibanding hari-hari biasa. Dengan meningkatnya jumlah pengunjung, menyebabkan peningkatan pula dengan volume sampah. Tak sedikit wisatawan yang tidak tertib dan membuang sampah sembarangan. Area tempat wisata menjadi kotor dan nampak berantakan dipenuhi sampah.

Puncak Keramaian Sabtu dan Minggu
Salah seorang karyawan kebun Binatang Bandung, Usup menuturkan bahwa peningkatan jumlah pengunjung terjadi sejak hari Lebaran, Rabu (6/7/2016). Sedangkan puncak keramaian pengunjung terjadi pada Sabtu dan Minggu.

“Untuk peningkatan pengunjung mulai hari Rabu pas hari Lebaran dan yang paling ramai yaitu Sabtu dan sekarang,” tutur pria yang biasa mengurus harimau saat diwawancara disela-sela kesibuknnya menyiapkan makanan untuk binatang buas tersebut pada Minggu, 10 Juli 2016.

Pria kelahiran Cianjur tersebut menambahkan  bahwa selama libur Lebaran, Kebun Binatang Bandung tidak pernah sepi dengan pengunjung. Sejak buka dari pagi hingga tutup pukul 16.30 pengunjung tetap banyak. Bahkanm apabila pengunjung masih memadati area, pengelola biasa menutup lokasi lebih dari jam tersebut.

Keterangan Nama Satwa
Suasana penuh sesak memadati setiap area kandang satwa/ Terlihat, pengunjung didominasi oleh keluarga yang membawa anak kecil. Rasa ingin tahu dimiliki setiap anak dan banyak pula yang menanyakan nama-nama hewan tersebut. Tapi sayangnya, tidak semua orang tua dapat menjelaskan kepada anaknya semua nama satwa yang ada di dalam kandang.

Hal tersebut karena tidak setiap kandang memiliki nama satwa penghuninya. Seperti Asti salah satunya, pengunjung yang tidak bisa menjawab pertanyaan anaknya yang menanyakan nama hewan yang ada di dalam kandang.

“Saya sedikit bingung untuk menjelaskan nama hewan tersebut, karena saya sendiri tidak tahu namanya. Ditambah banyak kandang hewan yang tidak diberi nama,” tutur ibu satu anak ini ketika mengantar ananknya berkeliling di area Kebun Binatang Bandung.