Newsticker

Kota Bandung Raih Piala Adipura, Piala Adiwiyata Mandiri, dan Tanda Kehormatan Satyalencana Pembangunan 2016




Pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan Puncak Peringatan Hari Koperasi ke-69, Kota Bandung mendapat "hattrick" penghargaan dalam kedua event yang digelar pemerintah pusat tersebut. Untuk Pemkot dan Wali Kota mendapatkan penghargaan Piala Adipura Kirana serta Tanda Kehormatan Satyalencana Pembangunan. Sedangkan salah  satu sekolah di Bandung yaitu SMPN 2 Bandung menerima Penghargaan Piala Adiwiyata Mandiri.

Piala Adipura Kirana
Pemerintah Kota Bandung menerima penghargaan Piala Adipura Kirana yang diserahkan oleh Wakil Presiden RI., Jusuf Kalla yang didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI., Siti Nurbaya Bakar pada Pembukaan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia tingkat Nasional tahun 2016 di Lapangan Depan Istana Siak Riau, Jumat (22/7/2/2016)

Adipura Kirana merupakan penghargaan yang penilaiannya dititikberatkan pada kota yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi melalui trade, tourism, and investment yang berbasis pengelolaan lingkungan hidup.

Piala Adiwiyata Mandiri
Masih pada hari yang sama, selain menerima Penghargaan Piala Adipura Kirana, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Bandung juga menerima Penghargaan Piala Adiwiyata Mandiri yang diserahkan oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla pada Pembukaan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia tingkat Nasional tahun 2016.

Adiwiyata Mandiri merupakan penghargaan yang diberikan kepada sekolah-sekolah yang dinilai berhasil mendidik siswa menjadi individu yang bertanggung jawab terhadap lingkungan hidup. Penilaian Adiwiyata didasarkan pada empat kriteria, yakni pengembangan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, pengembangan kurikulum berbasis lingkungan, pengembangan kegiatan berbasis partisipatif dan pengelolaan dan pengembangan sarana pendukung sekolah.

Tanda Kehormatan Satyalencana Pembangunan 2016
Sebelumnya, pada Puncak Peringatan Hari Koperasi ke-69 di Halaman Kantor Gubernur Jambi, Kamis (21/7) Ridwan Kamil menerima Tanda Kehormatan Satyalencana Pembangunan tahun 2016 yang disematkan langsung oleh Presiden RI., Joko Widodo.

Penghargaan ini diberikan kepada Ridwan Kamil atas jasanya dalam memimpin Kota Bandung yang berhasil menjadi pusat distribusi regional tempat berkumpulnya semua aktivitas perdagangan, industri dan jasa bagi daerah sekitarnya, juga komitmen dalam memajukan dan mengembangkan Koperasi dan UMKM untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (Diskominfo Kota Bandung)