Informasi

Pembangunan Tidak Terkendali, Dago Resort Kembali Longsor




Minggu dini hari warga yang berada dikawasan permukiman Resort Dago Pakar Blok Kp. Ciosa, RT 02 RW 07 Desa Mekar Saluyu, Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung di kejutkan dengan suara gemuruh yang berasal dari longsor yang terjadi di kawasan ini.

Longsor yang terjadi pada hari Minggu. 8 Mei sekitar pukul 1.45 dini hari mengakibatkan banyak kerugian baik materi atau harta benda milik warga masyarakat yang rumahnya tergerus oleh material longsor.

Sumber longsor diperkirakan akibat urugan oleh pihak pengembang yang terus menerus menimbun mata air Ciosa sehingga mengakibatkan sumber air yang ditimbun berusaha mencari jalan keluar, dan mengakibatkan longsor besar ini terjadi.

Hingga berita ini diturunkan  posisi  tanah masih terus bergerak menuju  ke lapangan golf. Bahkan tanah yang  terus bergerak ini  sudah menutup sebagian area golf hold 1 montain view yang terletak tepat di bawah permukiman warga.

Kejadian Longsor di kawasan ini bukan menjadi kali pertama yang terjadi, longsor sudah sering terulang dan bahkan longsor ini menjadi yang terbesar sepanjang kejadian yang telah lalu. Akibat kejadian ini, warga menderita banyak kerugian, beberapa kerugian warga diantaranya: 10 kambing milik warga ikut tertimbun longsor dan 12 tambak ikan milik warga juga tertutup material-material longsor.

Menurut Ketua RW 07 Kp Ciosa, longsor ini merupakan  kejadian yang paling  besar dan paling parah. Hal ini akan berdambak lebih parah kalau hujan besar terjadi di kawasan ini.

"Longsor ini menjadi yang terbesar sepanjang longsor yang sering terjadi di sini, dan ini akan mengakibatankan banjir lumpur ke daerah Cibeunying jika hujan deras mengguyur wilayah ini, "ungkapnya kepada tim Seputar Bandung Raya.