Newsticker

Relawan GIDKP Gelar Rampok Kantong Plastik di Tiga Titik Sekitar Alun-alun Bandung




Karyawan-karyawan AkzoNobel bekerjasama dengan relawan dari Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP) melakukan kegiatan Rampok Plastik di tiga daerah di Kota Bandung.

Sebelum melakukan kegiatan rampok kantong plastik, seluruh karyawan dan relawan melakukan foto bersama di depan Museum Konferensi Asia Afrika. Kemudian para relawan ini bergerak di tiga titik yaitu: Alun-alun Bandung, Jln. Asia Afrika, Jln. Cikapundung Timur, dan Jln. Braga pada Minggu, 24 April 2016.

Kegiatan ini digelar Sebagai langkah sosialisasi diet kantong plastik, tim relawan yang tergabung dalam GIDKP melakukan kegiatan bertajuk "rampok kantong-kantong plastik."

Acara ini merupakan penutup dari rangkaian kegiatan hasil kolaborasi Dulux bersama GIDKP di Kota Bandung yang telah dilaksanakan sejak tanggal 21 April sampai dengan  24 April 2016 yang bertempat  di salah satu museum bersejarah yang ada di Kota Bandunng, Museum Konferensi Asia Afrika.

Rampok kantong plastik dilakukan dengan cara menukar kantong plasik yang digunakan oleh masyarakat dengan tas daur ulang sebagai partisipasi aktif dalam mengurangi konsumsi kantong plastik. Sampah plastik sendiri merupakan salah satu jenis sampah yang dianggap paling berbahaya untuk lingkungan, mengingat kandungan kimia yang terdapat di dalamnya dan waktu penguraiannya yang lama.

Saat ini, penggunaan kantong plastik sudah menjadi kebutuhan semua orang, dan berdampak pada melimpahnya sampah plastik. Karena itu pemerintah Indonesia berencana akan mengeluarkan kebijakan mengenai kantong plastik pada tahun ini.

Kebijakan ini diharapkan dapat menekan jumlah konsumsi kantong plastik. Selain itu, pemerintah juga berharap masyarakat dapat  menerapkan kebiasaan baru, yaitu menggunakan tas sebagai pengganti kantong plastik untuk berbelanja dan kepentingan lainnya.