Newsticker

MoU Belum Ada, Dispertasih Kab. Bandung Opsih Bersama PD Kebersihan Kota Bandung




Di  atas  kertas, memorandum of understanding  (MoU) alias  nota kesepahaman antara Kabupaten dan Kota Bandung belum ditandatangani, namun Dinas Perumahan Tata Ruang dan Kebersihan (Dispertasih) Kabupaten Bandung dan PD Kebersihan Kota Bandung sudah lebih dulu bergerak dan bahu-membahu mengatasi masalah sampah.

Seperti pada Kamis (14/4/2016), petugas dari dua instansi antar-wilayah  ini melakukan operasi bersih untuk menyingkirkan sampah dari beberapa titik. Kepala Dispertasih Kabupaten Bandung, Erwin Rinaldi  mengatakan, kedua  instansi kebersihan Kabupaten dan  Kota Bandung sepakat untuk bekerja sama  mengangkut sampah dari  tiga  titik, yaitu Sungai Cikapundung Kampung Cijagra Kecamatan Bojongsoang,  Sungai Citepus Kec. Dayeuhkolot, dan Jln. Baturengat RT 01/RW 01 Kel. Cigondewah Kaler,  Kec.  Bandung Kulon, Kota Bandung. Operasi bersih ini, kata Erwin, dilakukan dua kali dalam seminggu sehingga bisa meminimalisasi banjir.

Empat Usul
Erwin  mengatakan, MoU antara Pemkot Bandung dan Pemkab Bandung saat ini masih digodok. Ada empat usul di bidang kebersihan yang sedang diolah pihaknya bersama mitranya dari Kota Bandung. Usulan pertama adalah jadwal rutin operasi bersih di  perbatasan antara  Kabupaten dan Kota Bandung, terutama di anak-anak Sungai Citarum. Yang kedua adalah pemasangan jaring sampah yang dilengkapi tempat pembuangan sementara.

Semua kegiatan bersih-bersih tentu tidak akan gunanya apabila masyarakat belum memiliki kesadaran untuk hidup bersih dan tidak membuang  sampah secara sembarangan. Karena itu,  kedua  instansi ini  juga tengah membahas masalah sosialisasi kepada  masyarakat.

Yang  keempat  adalah penanganan jangka panjang masalah sampah. Antara lain dengan memanfaatkan kembali bekas tempat  pembuangan akhir sampah di Jelekong, Desa Jelekong, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung. Rencananya, teknologi biodigester akan  diterapkan dalam mengolah sampah di bekas  tempat  pembuangan akhir sampah ini. (AA)