Newsticker

DPRD Kota Cimahi Gelar Cimahi Open Dialogue (COD)




Minggu, 3 April 2016 DPRD Kota Cimahi menyelenggarakan Cimahi Open Dialogue (COD). Kegiatan ini merupakan forum dialog terbuka tematik terarah reguler antara eksekutif, legislatif, dan masyarakat Kota Cimahi. Kegiatan ini diselenggarakan di Pendopo DPRD Kota Cimahi.

Acara ini diselenggarakan dalam rangka peningkatan peran serta ,asyarakat dalam pengevaluasian kinerja eksekutif dan legislatif di segala bidang. Adpaun tema yang diambil: “Optimalisasi Peran Eksekutif dan Legislatif untuk Perkembangan Budaya Daerah”.

Acara ini masuk kategori kegiatan hearing DPRD Kota Cimahi. Acara ini digagas dan diusulkan oleh Fajar Budhi Wibowo, M.Si (LSM Kompas) dan Hermana HMT, S.Sn. (LSM Bandoeng Mooi) dimaksudkan untuk mengakomodir aspirasi masyarakat Kota Cimahi yang menginginkan adanya diskusi interaktif antara pemerintah dan masyarakat.

Peserta Cimahi Open Dialogue
Tercatat ada 160 orang yang hadir berasal dari unsur Legislatif, di antaranya Ketua DPRD Kota Cimahi, Achmad Gunawan, SH,  Ketua Komisi IV, Wahyu Widyatmoko,  dan Ketua Komisi I, Dedi Kuswandi. Adapun dari unsur eksekutif dihadiri Asda II,Beni,  Sekdis Dikpora,Ifah,  Kasi Disdik, Deden dan Uus,  Kabid Indagpar, Andi,  Kasi Budpar,Nur Soleh,  Kepala Bappeda,Tata Wikanta dan Kabid Sosial Budaya Bappeda Diah.

Kegiatan ini pun dihadiri oleh elemen organisasi, LSM/ormas, dan komunitas yang ada di Kota Cimahi. Diantaranya adalah Komunitas Kuliner Cimahi, LSM PMPR Kota Cimahi, Dewan Seni Budaya Kota Cimahi, FBLMP Kota Cimahi, LSM Terroris Kota Cimahi, LSM Penjara Kota Cimahi, Kabuyutan Cipageran, Paguyuban Haur Wulung, Komunitas Hanacaraka, Gibas Kota Cimahi, Manggala Garuda Putih, Paguron Pusaka Putra Mahigar, Komunitas Raksabumi, dan elemen masyarakat lainnya.

Rangkaian Acara Cimahi Open Dialogue
Acara yang sedianya dijadwalkan mulai pukul. 10.00 mundur menjadi pukul 11.00 dan ditutup pukul. 16.00 WIB. Selaku pembawa acara Endah Gandjarsari, S.Sos (Komunitas Kuliner Cimahi) dan yang bertindak sebagai moderator Teodorik Gultom, SH. Selain acara dialog terbuka, kegiatan ini dimeriahkan juga oleh tampilan Ibing Silat PPSI Pusaka Putra Mahigar, salah satu perguruan pencak silat PPSI. Paguron ini memiliki prestasi gemilang yang sering turut mengharumkan nama Kota Cimahi di kancah dunia persilatan.

Kemudian peserta dialog disuguhkan juga dengan performence art/Jeprut yang dibawakan oleh Hermana HMT dari Instritute Longser Cimahi. Sajian menceritakan porak porandanya keadaan kebudayaan di kota Cimahi akibat dari minimnya perhatian pemerintah dan masyarakat.

Di luar arena dialog, Komunitas Kuliner Cimahi menggelar Bazaar Kuliner yang menyuguhkan kreasi kuliner khas Kota Cimahi di stand-stand tenda yang telah disediakan.. Selanjutnya, akan ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan berkaitan dengan program seni budaya, diantaranya Pagelaran Kesenian Reguler yang pelaksanaannya kerja sama dengan Dewan Seni Budaya Kota Cimahi.

Bahkan dalam waktu dekat ini akan digelar bersamaan dengan Peringatan Hari Ulang Tahun Kota Cimahi. Sekaligus juga akan dilaksanakan pelantikan kepengurusan Dewan Seni Budaya Kota Cimahi yang beberapa bulan lalu telah diberikan surat keputusan oleh Wali Kota Cimahi.