Newsticker

Sepuluh Bus Trans Metro Bandung Terapkan E-Ticketing




Konsep kartu pintar mulai diterapkan di Kota Bandung. Pada Jumat (11/03/2016) telah di-launching sistem tiket elektronik (e-ticketing). Wali kota Bandung Ridwan Kamil meresmikan peluncuran E-Ticketing Trans Metro Bandung untuk koridor 2 jurusan Cicaheum-Cibeureum di Jln.Ahmad Yani, Kota Bandung.

"Dengan sistem elektronik, kami berharap ke depannya pelayanan TMB akan lebih baik. Tidak ada lagi penumpang yang naik atau berhenti tidak pada halte yang sudah disediakan. Kalau sekarang percobaan di transaksi transportasi saja. Tapi suatu hari segala kebutuhan transaksi bisa menggunakan kartu ini" ujar Kang Emil.

Alat pembayaran elektronik dalam bidang transportasi merupakan tahap awal untuk penerapan sistem e-ticketing berkelanjutan. Ke depannya, sistem e-ticketing ini akan diterapkan juga dalam transaksi kesehatan, pembayaran pajak, menyimpan data diri seseorang di antaranya riwayat kesehatan dan hasil pendidikan. Intinya, penggunaan Bandung Smart Card ini  bertujuan mempermudah para pengguna bus TMB  melakukan pembayaransistem nontunai.

Cara Mendapatkan Smart Card
Smart Card disediakan di halte Bus Trans Metro Bandung dengan biaya Rp 10.000 sudah mendapatkan Smart Card. Di dalam kartu elektronik tersebut sudah tersedia saldo untuk pembayaran Bus Trans Metro Bandung. Para calon penumpang yang akan naik bisa membayar melalui mesin elektronik yang dipasang di setiap bus. Saldo yang ada dalam kartu akan berkurang sesuai dengan harga tiket TMB.

Untuk tahap awal, e-ticketing diberlakuan untuk sepuluh bus Trans Metro Bandung. Ini sebagai bahan percobaan selama satu bulan ke depan. Nantinya, setelah teruji kelayakan dan tingkat ke efektifannya akan di berlakukan untuk seluruh armada TMB.