Informasi

Ridwan Kamil Resmikan Taman Bahagia di SMAN 2 Bandung




Taman Bahagia yang didirikan SMAN 2 Bandung dipilih Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies  Baswedan  sebagai taman  percontohan. Taman ini juga merupakan ikon taman sekolah nasional setelah menyingkirkan 300 sekolah dalam sebuah kompetisi yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Lingkungan yang kaya oksigen dan dipenuhi tumbuhan yang hijau akan sanggup membangun karakter manusia  menjadi  lebih  baik. Dengan dikelilingi lingkungan seperti itu pun  tingkat  kebahagiaan  manusia akan lebih tinggi dibandingkan manusia yang hidup di lingkungan berbeda," demikian sambutan dikatakan Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil saat meresmikan taman di SMAN 2 Bandung di Jl. Cihampelas, Rabu (23/3/2016). Taman ini merupakan ikon taman sekolah tingkat nasional.

Emil juga berharap keberhasilan pembangunan Taman Bahagia dapat menjadi inspirasi bagi sekolah lain untuk membangun hal serupa. Apalagi,  interaksi sosial siswa di tempat yang nyaman seperti taman pun bisa meningkatkan kemampuan akademik dan motivasi siswa dalam belajar.

Emil  menyatakan, berdasarkan penelitian di  Illinois, Amerika Serikat, orang yang hidup di lingkungan  yang  hijau  memiliki kemampuan menghafal yang baik.Karena itu, imbuhnya, tak  mengherankan bila siswa SMAN 2 memperoleh nilai tinggi dalam Ujian Nasional.

Taman yang luasnya 2,2 hektare ini didesain  agar para siswa merasa betah dan nyaman ketika  belajar dan berinteraksi di dalamnya.

Tempat Melepas Penat
"Bila jenuh dengan suasana di kelas, siswa  bisa  nongkrong ke taman ini dan diharapkan  dapat  menemukan konsentrasi  dan semangat untuk menekuni buku dengan  "nongkrong" di  enam  gazebo  yang berdiri di Taman  Bahagia," demikian kata Kepala Sekolah SMAN 2 Bandung, Sundari.

Ratusan jenis tanaman yang tertata rapi dan hidup di taman  ini akan mendatangkan kesegaran dan me-refresh kembali pikiran yang sudah penat. Suasana damai akan lebih sempurna dengan  menikmati gemericik suara air mancur di kolam.

Pembangunan Taman Bahagia sangat selaras dengan upaya gencar yang dilakukan Wali Kota Bandung saat ini, Ridwan Kamil, dalam mendirikan taman untuk meningkatkan indeks kebahagiaan warga Kota Kembang. Karena itu, Emil tak segan-segan melontarkan pujian atas pembangunan Taman Bahagia yang disebutnya bisa  menjadi  tempat kegiatan belajar mengajar (KBM) alternatif. Ia menilai KBM tidak harus selalu di dalam kelas. Taman yang rindang dan  hijau  bisa saja justru lebih efektif dalam meningkatkan konsentrasi  belajar siswa.

Mengenai  sumber biaya membangun taman, Emil menyatakan,  sekolah bisa  mencari sumber pembiayaan. Antara lain  menggandeng  alumni yang telah sukses. Ikatan emosional para alumni dengan sekolahnya bisa membuat mereka ikut membantu membangun taman-taman di  alma-maternya dengan sepenuh hati.