Newsticker

Ketua MRI Kabupaten Bandung Dampingi Wakil Bupati Tinjau Lokasi Banjir




Rabu 16 Maret 2016,Wakil Bupati H. Gungun Gunawan kembali melakukan peninjauan ke lokasi Banjir. Kali ini, alumni ITB ini melakukan kunjungan ke kawasan Banjaran, Cireungit, dan Kp. Sayang, Kecamatan Pameungpeuk. Seperti halnya Dayeuhkolot, Kampung Sayang yang terletak di Kecamatan Pameungpeuk ini sering menjadi langganan banjir. Hanya saja, pemberitaannya tidak pernah seheboh banjir DayeuhKolot, walaupun tidak separah Cieunteung.

Banjir di wilayah ini juga sering terjadi. Terutama, jika hujan deras mengguyur wilayah pangalengan. Agenda kali ini, sudah menjadi kerja sama Wakil Bupati Bandung dengan ACT (Aksi Cepat Tanggap) dan MRI (Masyarakat Relawan Indonesia) Kabupaten Bandung yang mana bertujuan untuk saling bersinergi dalam menangani banjir di wilayah Kabupaten Bandung. Relawan ini sama-sama membantu meringankan korban bancana banjir.

"Banjir yang melanda Kabupaten Bandung ini sudah sangat sering. Butuh penanganan yang serius dalam menyelesaikannya.  Saat ini, alhamdulillah kita bersinergi bersama lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap, yang tak henti henti selalu menolong dan peduli terhadap segala bencana yang selalu melanda negeri ini. Di tahun 2016 ini,  diawal masa jabatan saya ini, merupakan ujian buat kita semua naik masyarakat, pemerintah dan yang lainnya," kata orang nomor dua di Kab. Bandung ini.

Acara serah terima bantuan logistik dilakukan di wilayah Banjaran, Cangkuang, dan Pameungpeuk. Kegiatan ini dihadiri juga oleh camat-camat setempat.

"Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang mempunyai tim Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) selalu turun disetiap terjadi bencana. baik itu banjir, longsor, dan bencana lainnya. MRI melakukan operasi SAR yang sangat luar biasa dari pagi hingga sore dari sore hingga pagi hari.  Dan, kami merasa terbantu dengan aksi teman-teman relawan yangg berada  di lembaga kemanusiaan ini. Ini adalah upaya yang sangat bagus, saling kontribusi, saling bersinergi dalam membangun wilayah Kab Bandung yang sejahtera dan Aman. Terimakasih atas kolaborasi antara ACT-MRI dengan Pemerintahan Kab. Bandung," papar pria lulusan S2 ITB tahun 2014 tersebut menambahkan.

Pada kesempatan kali ini, Ketua MRI Kabupaten Bandung, Atep Salman Alfarisi turut mendampingi  kunjungan Wakil Bupati ini.

"Ini bentuk kepedulian kami sebagai ACT-MRI Bandung untuk selalu membantu dalam hal kebencanaan mengurangi, menanggulangi, dan menyelesaikan permasalahan bencana yang kerap melanda Kab. Bandung. Kita sama sama menangani hal bencana banjir ini. Jika kita bekerja sama menyelesaikan banjir ini, Insya Allah akan selesai. Asalkan masyarakarat saling peduli, saling gotong royong dengan pemerintahan dan lembaga-lembaga terkait dalam hal menangani permasalahan pencana," papar Atep Salman Alfarisi.