Informasi

Firman Utina Tetap Optimis Walau Persib Dirundung Masalah Nonteknis




Persib Bandung sedang dilanda berbagai macam faktor non teknis pada turnamen Piala Jenderal Sudirman (PJS). Pertama, para penggawa yang membela tim di Piala Presiden satu per satu memutuskan untuk hengkang.

Mulai dari Vladimir Vujovic, Shahar Ginanjar, dan teranyar Makan Konate. Konate sendiri hanya bisa membela Persib pada fase grup C saja. Menyusul, dia sudah harus bergabung dengan tim barunya asal Malaysia, T-Team FC, awal Desember nanti.

Selain itu, manajer Persib, Umuh Muchtar, juga memutuskan untuk mundur usai turnamen ini. Tak ayal, hal itu sedikit banyak memengaruhi psikologi para pemain Maung Bandung.

Belum lagi, langkah mereka untuk lolos ke babak selanjutnya semakin berat. Menyusul, kekalahan tipis 1-0 dari Surabaya United, Sabtu (21/11). Maka itu, gelandang Persib, Firman Utina, kembali memotivasi rekan-rekannya untuk segera bangkit dari situasi yang ada.

"Tidak ada alasan menurut saya, walaupun kita tahu banyak pemain keluar dari tim dan beberapa pemain belum bisa main. Tapi, kalau kita mau kerja keras dan merapatkan barisan lagi kita akan bisa lolos fase grup ini," ucap Firman, seperti dilansir laman resmi Persib.

Sementara ini, Persib masih berada di posisi ketiga klasemen sementara grup C dengan tiga poin. Mereka berada di bawah PS TNI (lima poin) dan Pusamania Borneo FC (empat poin).

"Intinya walaupun sulit dan apapun peluangnnya kita harus berusaha dulu selama fase grup ini. Karena sepakbola bukan matematika yang sudah tahu dan pasti hasilnya," tegas Firman.