Bermain Asyik Buat Anak, Keajaiban Mencuci Tangan dengan Menggunakan Sabun





Hallo Ayah Bunda, sudah tidak asing lagi kan dengan istilah cuci tangan? Iya betul mencuci tangan saat ini menjadi kebiasaan yang sangat penting. Di tengah merebaknya virus, maka Ayah Bunda perlu mengajarkan anak gaya hidup sehat, salah satunya dengan rajin cuci tangan dengan benar. Tapi bagaimana jika Anak menolak diajarkan untuk cuci tangan dengan benar ya? 

Untuk membuat anak senang mencuci tangan, mari kita buat percobaan terlebih dahulu untuk membuktikan kalau mencuci tangan dengan sabun dapat membunuh kuman. Langkah pertama yang dapat Ayah Bunda lakukan yaitu menyiapkan alat dan bahan. Bahan yang digunakan cukup sederhana. Ayah bunda cukup menyiapkan sabun cuci tangan, air, mangkuk,  dan glitter. 

1. Siapkan alat dan bahan yang di perlukan. 

Ayah Bunda dapat mengajak anak untuk menyiapkan bahan yang akan di gunakan. 

2. Tuangkan air ke dalam mangkuk secukupnya. 

Ayah Bunda dapat melibatkan anak untuk menuangkan air ke dalam mangkuk tersebut. Akan lebih menyenangkan kalau airnya di beri warna. 

3. Taburkan glitter di atas permukaan air. 

Biarkan anak menaburkan serbuk gliter ke dalam permukaan air. 

4. Ajak anak untuk mencelupkan salah satu jari tangannya ke dalam mangkuk. Minta anak untuk mengamati apa yang terjadi.  Apakah serbuk gliter tersebut menempel pada jari anak? Jika iya berikan pemahaman kepada anak, jika diibaratkan kita mencuci tangan tanpa menggunakan sabun, maka kuman-kuman akan menempel di tangan kita, seperti gliter yang menempel pada salah satu jari tersebut. 

5. Begitu pula sebaliknya, sekarang coba ajak anak untuk mencuci tangan dengan menggunakan sabun terlebih dahulu. Setelah selesai mencuci tangan coba celupkan salah satu jarinya ke dalam mangkuk yang berisi serbuk gliter, amati dan lihat apa yang terjadi? 

Waaah luar biasa, gliter yang berada di mangkuk langsung menghindar bukan? 

Nah itu dia, salah satu keajaiban mencuci tangan dengan menggunakan sabun dapat menghindarkan kuman-kuman supaya tidak menempel di tangan kita. 

6. Untuk membiasakan anak supaya rutin mencuci tangan, maka ayah dan bunda dapat  membuat bagan hadiah untuk anak. Buatlah kolom setiap anak mencuci tangan sebelum atau sesudah makan, setelah bermain, atau setelah dari toilet. Berikan stiker atau bintang setiap kali anak ingat untuk mencuci tangan. Hadiahnya dapat berupa mainan, makanan kesukaan atau berupa kegitan menyenangkan lainnya. Selamat mencoba! **(Witasari)