Mengenalkan Salt Painting pada Anak, Teknik Mewarnai Menggunakan Garam





Mewarnai merupakan hal yang menyenangkan bagi anak. Dengan mewarnai, anak mampu mengembangkan daya imajinasi nya dan mengenal berbagai warna. Berbagai teknik mewarnai bisa dilakukan oleh orangtua saat membersamai anak di rumah, salah satunya yaitu salt painting atau lukisan garam.

Salt painting merupakan teknik mewarnai yang menarik untuk dikenalkan pada anak. Sebab bahan utamanya tidak hanya menggunakan cat seperti biasanya, namun menggunakan garam. Garam bersifat higroskopis, sehingga ketika diberi tetesan air berwarna  maka garam bisa menyerap molekul air tersebut dengan baik.

Lalu bagaimana caranya menerapkan salt painting ini pada anak?

Siapkan alat dan bahan

Alat dan bahan yang harus disiapkan yaitu kertas HVS, spidol, lem kayu yang dimasukkan ke dalam plastik/pastry bag, piring kertas, garam, pewarna, kuas/pipet dan tisu kering/lap (sebagai antisipasi jika ada air yang tumpah). Pewarna yang bisa digunakan diantaranya cat air, pewarna makanan yang dicampur air atau kertas krep yang dilarutkan pada air. Pewarna ini akan lebih menarik jika orangtua menyediakan lebih dari 1 warna sehingga memberi kesempatan anak untuk mengeksplorasi.

Siapkan materi ajar

Materi ajar sangatlah luas, orangtua bisa menyediakan bahan ajar berdasarkan hal yang diminati anak, kebutuhan anak bahkan hal yang paling dekat dengan anak. Contohnya:  mengenalkan anggota badan, alfabet, rumah, kendaraan, alam sekitar, hingga hewan peliharaan. Setelah menentukan bahan ajar, orangtua bisa mulai membuat pola yang akan dikenalkan pada anak di kertas HVS menggunakan spidol.

Siap eksekusi kegiatan bersama sama

Pertama, kegiatan diawali dengan berdoa supaya kegiatan yang dilakukan selalu diberi keberkahan. 

Kedua, siapkan bahan ajar. Contohnya: ketika akan mengenalkan hewan peliharaan, orangtua bisa menyiapkan printable beberapa hewan peliharaan lalu mengenalkan anak melalui tahap penamaan seperti “ini kucing” , asosiasi seperti “coba tunjukkan mana kucing” dan recalling “jadi, ini hewan apa?”

Ketiga, kombinasikan kegiatan dengan game/permainan. Setelah mengenalkan hewan melalui beberapa tahapan, orangtua bisa bermain dengan menyembunyikan kartu yang telah disiapkan dan biarkan anak mencarinya.

Keempat, mulai berkreasi! Caranya yaitu siapkan kertas HVS berisi pola yang sudah dibuat. Lalu, beri anak lem kayu yang sudah dibungkus kedalam pastrybag/plastik dan ujungnya sudah dilubangi. Bimbing anak menyusuri pola yang sudah dibuat menggunakan lem. Setelah pola selesai dibuat, taburkan garam diatas lem sampai menutupi pola. Karena pola tertutupi, maka orangtua membimbing anak untuk menuangkan garam yang tidak terkena pola dengan cara memiringkan kertas HVS di atas piring kertas. Selanjutnya, ajak anak mewarnai sesuai keinginannya.

Kelima, beri apresiasi kepada anak karena sudah melakukannya dengan baik.

Nah, itu dia teknik mewarnai dengan salt painting/lukisan garam yang wajib dicoba di rumah. Selamat mencoba. *(Lili Aprianti)