Tim ECO Bambu Cipaku, MOPI PAUD Institute, dan LPDP UPI Berbagi Kebahagiaan pada Anak-Anak Korban Longsor Cimanggung





Tim ECO Bambu Cipaku, MOPI PAUD Institute, dan LPDP UPI pada Sabtu (16/01/2021) menyerahkan bantuan dan berbagi kebahagiaan serta keceriaan bersama anak-anak di posko pengungsian korban bencana longsor di Cimanggung, Kab. Sumedang. 

Perwakilan dari Tim ECO Bambu dan PAUD Institute yaitu Kak Wiwit dan Kak Dania. Sedangkan dari LPDP UPI diwakili oleh Kak Maya, Kak Vika, Kak Nuy, dan Kak Is berusaha berkontribusi dengan memberikan terapi trauma healing dan bantuan lainnya. 

Bantuan yang dihimpun berupa makanan siap saji dan buku cerita yang dapat digunakan oleh anak-anak untuk mengurangi rasa trauma yang dirasakan. Selain itu, tim juga memberikan trauma healing kepada anak-anak yang bertujuan agar anak-anak korban bencana kembali ceria dan sedikit menghilangkan trauma akibat bencana yang terjadi.

Adapun trauma healing yang diberikan berupa permainan-permainan yang menyenangkan seperti bernyanyi, bermain games serta membuat sebuah pohon harapan untuk memotivasi anak-anak supaya terus  semangat untuk mengapai harapan atau cita-cita tersebut. 

Dalam kesempatan ini tim ECO Bambu Cipaku turun langsung ke posko pengungsian bencana longsor Sumedang, para relawan yang berada di posko juga merasa senang telah kedatangan dari tim ECO Bambu Cipaku, seperti yang diungkapkan Kak Jeri kepada tim seputarbandungraya.com.

“Kami sangat tertolong oleh kakak-kakak dari Tim ECO Bambu, Mopi Institute, dan LPDP UPI karena dengan adanya kegiatan ini anak-anak menjadi semangat dan ceria sekali. Semoga games-games yang diberikan bisa dikembangkan lagi dan juga semoga bisa terus menebarkan manfaat untuk sesama,” ujar Kak Jeri selaku Tim Psikososial di posko bencana

Kegiatan seperti ini rutin dilakukan oleh tim ECO Bambu Cipaku dan PAUD Institute di berbagai bencana yang ada di daerah, menurut Kak Wiwit selaku koordinator baksos dari ECO Bambu menambahkan, "Kegiatan seperti ini kita rutin  mengadakan dan bukan hanya di Jawa Barat atau Bandung, bahkan kita pernah juga turun di Banten," ujar mahasiswi PG PAUD UPI ini.

Wita juga menambahkan di masa pandemi seperti ini tim ECO Bambu Cipaku terus melaksakan kegiatan-kegiatan positif baik online maupun offline. *(WS)