Menjajal Stroomnet Icon Plus, Layanan Internet dari Anak Perusahaan PLN





stroomnet icon plus pln bandung

Kurang lebih empat bulan lalu, saya mengenal layanan internet dari anak perusahaan PLN ini. Awalnya ketika di depan rumah, terlihat beberapa petugas sedang memasang kabel serat optic di tiang-tiang listik di kompleks perumahan saya di daerah Bojongsoang, Bandung Selatan. Penasaran, saya menanyakan ini lagi bikin jaringan apa? Ternyata kata petugas sedang membuat jaringan internet.

Tarif paket layanan internet per bulan Stroomnet Icon Plus
Dari brosur paket yang dibagikan marketing, berikut ini harga paket layanan per bulannya:
- Speed 5 mbps: Rp107.000
- Speed 20 mbps: Rp210.000
- Speed 50 mbps: Rp416.000
- Speed 100 mbps: Rp759.000

Sementara bila paket internet dan TV (+ tv paket family 75 channel):
- Speed 5 mbps + TV: Rp291.000
- Speed 20 mbps + TV: Rp394.000
- Speed 50 mbps + TV: Rp600.000
- Speed 100 mbps + TV: Rp943.000

*Harga paket bulanan tersebut sewaktu-waktu bisa berubah dan berbeda-beda di setiap lokasi di Indonesia. 

Syarat dan ketentuan pemasangan Stroomnet Icon Plus
Bulan depannya, ada beberapa bagian marketing Stroomnet Icon Plus yang menawarkan pemasangan dari rumah ke rumah. Saya dan beberapa tetangga mengajukan untuk memasang layanan internet baru ini. Katanya sih, untuk tahap-tahap awal ini yang disasar adalah perumahan-perumahan.

Dengan berhubungan langsung via koordinator marketing via WhatsApp, pendaftaran pemasangan troomnet Icon Plus disetujui dengan syarat dan ketentuan berikut:
- Memberikan fotokopi KTP
- Mencantumkan ID pelanggan PLN (nomor meteran listrik)
- Sertakan nomor telepon dan alamat e-mail yang bisa dihubungi
- Membayar deposit pembayaran tagihan pertama. Kebetulan yang saya ambil paket hanya layanan internet kecepatan 20 mbps dengan biaya per bulan Rp210.000. Sebetulnya ada layanan lainnya yaitu paket internet dan TV kabel.
- Bila pemasangan normal sebetulnya ada biaya pemasangan Rp450.000. Ini sekali bayar di awal (pemasangan) untuk biaya STB dan lainnya, nantinya tidak ada tagihan biaya penyewaan perangkat per bulan. Jadi, bayarnya untuk yang paket 20 mbps Rp210.000 plus pajak Rp2.500.

Berhubung saya dan para tetangga pasang di masa promosi, tidak ada biaya pemasangan. Jadi hanya bayar deposit saja yang Rp210.000 tadi. Oh ya, untuk minimal masa berlangganannya sendiri 2 tahun, lepas dari masa tersebut baru boleh bila ingin ada pencabutan alias tidak berlangganan lagi (syarat dan ketentuan berlaku).

Pengalaman memakai Stroomnet Icon Plus
Nah, untuk pemasangannya sendiri tidak langsung. Saya dan tetangga harus menunggu beberapa hari (kalau tidak salah selama 5 hari). Waktu pemasangan pun tiba, kabel dari jaringan internet dipasang di spliter dan disambungkan ke rumah. Langsung deh dioprek sama operator dan hari itu juga internet troomnet Icon Plus, langsung bisa digunakan.

Saat menjajal layanan internet Stroomnet Icon Plus ini, kecepatan download dan upload 1:1, jadi karena saya pake 20 mbps, kecepatan download dan upload pun sama 20 mbps. Dan itu unlimited kuota (semoga di kemudian hari gak ada perubahan dengan diberlakukannya FUP). Lumayan lah sekarang untuk upload video ke Youtube pun terbilang cepat. Oh, ya kecepatan tersebut up to ya, alias tak selalu manteng di speed 20 mbps, kadang kebanyakan seteleh ditest di speedtest di bawah itu (di range speed unduh dan unggah 18-19 mbps).

Namun, kadang suka down juga, pernah sampai 3-5 mbps bahkan lost alias gak jalan. Namun, ini gak sampai lama, yang saya alami tak lebih dari 1 jam setelah dilaporkan ke CS. Dan ini yang kami laporkan juga ke layanan Stroomnet Icon Plus. Dan langsung kemudian mendapat tanggapan. Buat CS Stroomnet Icon Plus sendiri bisa dibilang lumayan sigap, mereka stanby 24 jam melayani keluhan. Gak tahu tuh kalau di wilayah lain.

Cara pembayaran tagihan bulanan Stroomnet Icon Plus
Ini yang harus dikembangkan lagi dari Stroomnet Icon Plus dimana pembayaran belum semudah layanan internet sejenis. Sampai saat ini, saya membayar tagihan bulanan Stroomnet Icon Plus melalui Bank Mandiri dan baru itu satu-satunya cara pembayaran. Baik itu melalui ATM, internet banking, atau langsung ke teller.

Ini memang agak meribetkan memang. Beda dengan layanan internet lain yang sudah bisa di Kantor Pos, Indomaret, Alfamart, Shopee, Tokopedia, dan jaringan layanan pembayaran lainnya. Semoga Stroomnet Icon Plus bisa secepatnya membuka kanal-kanal lain untuk lebih memudahkan pembayaran.

Gini cara bayar Stroomnet:
- Untuk pemberitahuan tagihannya diberi tahu setiap awal bulan melalu e-mail yang masuk.
- Dari pemberitahuan melalui e-mail tersebut kita dikasih nomor virtual account (VA) untuk pembayaran.
- Bila bayar via ATM, masuk menu "TV Kabel/Internet" lalu masukan nomor kode perusahaan Stroomnet Icon Plus (89450)
- Masukkan nomor tagihan/VA yang ada di invoice. Bisa juga transfer dari bank lain dengan langsung transfer menggunakan nomor VA tagihan Bank Mandiri tersebut.
- Bila sudah bayar, nanti bakal ada e-mail konfirmasi bahwa tagihan kita sudah dibayar.
- Pembayaran paling telat tanggal 15 setiap bulannya, bila telat akan diisolir.

Info seputar Stroomnet Icon Plus
Buat yang penasaran dengan layanan internet dari anak perusahaan PLN ini, bisa pantau di chanel-chanel berikut:
- Instagram: @stroomnet_iconplus
- Website: www.iconpln.co.id
- Call center: 150678
- E-mail: stroomnet@iconpln.co.id