Ini Figur-Figur yang Namanya Mencuat Menjelang Pilbup Kabupaten Bandung 2020





cabup pilkada kabupaten bandung 2020.jpg

Kabupaten Bandung beberapa bulan lain bakal menggelar hajatan demokrasi mencari pemimpin baru dengan mengadakan Pemilu Pilbup 2020. Untuk pendaftaran bakal pasangan calon, KPU Kab. Bandung sendiri akan dimulai dari tanggal 4 sampai 6 September 2020. Era pergantian Bupati Dadang Naser yang telah menjabat dua periode dipastikan akan menjadi dinamika tersendiri di wilayah ini.

Isu-isu siapa saja yang akan maju menyalonkan diri jadi figur bakal calon bupati atau wabup mulai terasa saat pandemi Covid-19 bulan Maret lalu. Beberapa bulan lalu, "perang" baliho dan spanduk pun muncul di ruang-ruang publik di Kabupaten Bandung. Uniknya, menjelang Pilbup Kabupaten Bandung tahun ini muncul sosok-sosok Srikandi yang akan ikut menjajal pengumpulan jumlah suara dari masyarakat Kab. Bandung.

Dari pantuan pemasangan spanduk yang dipasang di beberapa lokasi, ada sejumlah figur perempuan yang mempromosikan diri untuk jadi bakal calon bupati, di antaranya istri bupati petahana, Nia Kurnia Agustina. Lalu dari terah keluarga pengusaha asal Rancaekek H. Ma'soem ada nama Yena Ma'sum. Kemudian, beberapa terakhir ini ada nama Dina Lorenza, artis cantik yang digadang-gadang akan mendampingi Gun Gun Gunawan (Wakil Bupati sekarang).

Sementara figur lain yang mengajukan bakal jadi orang nomor 1 di Kab. Bandung dan mulai jauh-jauh hari mengenalkan diri lewat spanduk juga menghiasi berita-berita surat kabar, di antaranya sosok Dadang Supriatna (Kang DS) dari Partai Golkar. Juga ada sosok Deding Ishak, perwakilan dari klan Pesantren Al-Jawami Cileunyi (anak KH Totoh Abdul Fatah). Sementara Wabup petahana Gun Gun Gunawan pun ikut ambil bagian dalam pertarungan Pilbup Kab. Bandung kali ini.

Dari kalangan birokrat, nama Usman Sayogi yang menjabat sebagai Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bandung turut serta meramaikan Pilbup kali ini dengan siap mendampingi Nia. Yang menarik, di sektor calon wakil bupati ada nama-nama pesohor selain yang disebutkan di atas (Dina Lorenza). Ada nama Atep Rizal yang digadang-gadang akan mendampingi Yena Ma'soem. Mantan pemain Persib yang dikenal dengan sebutan "Lord Atep" ini pun mulai menjajal dunia politik. Jauh sebelumnya, nama Atep di baliho-baliho terlihat bersanding dengan HA Mulyana dari jalur independen, namun kemudian situasi terkini berkata lain. Nama lainnya ada Sahrul Gunawan, aktor dan penyanyi yang namanya dikenal dalam sinetron era 90-an 'Jin dan Jun'. Sahrul digadang-gadang akan mendampingi Dadang Supriatna.

Dan yang pastinya, dinamika bargaining serta tarik ulur kesepakatan partai politik akan siapa sebenarnya yang akan maju, kita nantikan di pendaftaran bakal pasangan calon yang akan diajukan ke KPU Kab. Bandung nanti. Buat masyarakat Kab. Bandung sendiri menjelang pencoblosan nanti, bisa mencari rekam jejak serta program-program yang bakal mereka tawarkan untuk kemajuan Kab. Bandung lima tahun ke depan nanti.