2 Mei 2020 Dini Hari, Bandung Selatan Dikepung Banjir





banjir bandung selatan 2 mei 2020

Jumat, 01 Mei 2020 malam hari hujan yang merata mengguyur wilayah Bandung Raya mengakibatkan banjir dimana-mana. Banjir terjadi di beberapa area di Kota Bandung dan Kabupaten Bandung. Hujan yang mengguyur hingga dini hari saat warga terlelap menunggu waktu sahur menimbulkan banjir yang termasuk parah. Apalagi sebelumnya akibat hujan di penghujung April 2020 di Bandung Selatan sendiri beberapa titik belum surut benar.

Dari laporan beberapa akun media sosial, beberapa kawasan di Kota Bandung terjadi banjir. Beberapa diantaranya yakni di kawasan Astanaanyar, Tubagus Ismail Bawah, Parakansaat, Gedebage, Cibaduyut, Antapani, Pagarsih, Binong, dan lokasi lainnya. Aliran air di kawasan Kota Bandung akan bermuara ke Sungai Citarum di Bandung Selatan. Akibatnya, genangan air dari yang rendah sampai tinggi pun meluas di beberapa titik di kawasan Bandung Selatan.

Beberapa kawasan yang mengalami banjir parah hingga Sabtu (02/05/2020) dinihari yakni di kawasan Dayeuhkolot dan Bojongsoang. Pantauan seputarbandungraya.com, kawasan Bojongsoang di kawasan Bojongasih, Cipurut, Cikarees, dan Cigebar terendam air dengan ketinggian lumayan. Akses jalan di Kp. Cipurut, Bojongsoang terpantau tidak bisa dilalui kendaraan dikarenakan ada genangan banjir sepaha orang dewasa.

Bahkan kawasan Sukabirus dengan Telkom University pun tak luput dari genangan banjir. Sementara kawasan Jln. Dayeuhkolot di depan PT Metro Garment tidak bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat dikarenakan genangan banjir mencapai semeter lebih terpantau (02/05/2020) Pukul 00.02 WIB. Jalan lain yang terkena banjir yaitu Jln. Raya Banjaran, Dayeuhkolot, Andir Katapang, Moh.Toha, dan Jln. Anggadireja. Untuk sementara akses jalan tersebut belum bisa dilalui kendaraan, sesuai pantauan pada Sabtu (02/05/200) sekitar pkl. 03.00 WIB.

Begitu pula titik langganan banjir di Cikarees dekat SPBU tak bisa dilalui kendaraan. Hingga pukul satu dinihari, kedalaman air masih mencapai kurang lebih 60 cm. Sementara titik muka air Sungai Citarum di Dayeuhkolot hinggal pkl. 00.30 ketinggian sekitar 741 cm. Genangan air di kawasan Cigebar pun tampak meluas dengan menggenangi beberapa titik di sekitarnya, salah satunya di kawasan perumahan GBA 1 di bagian belakang (RT 14) dekat sungai tampak air belum surut sampai pkl. 02.30 WIB.

--------

Baca info-info seputarbandungraya.com lainnya di GOOGLE NEWS