Cek Fakta Hoaks Covid-19 yang Beredar di Bandung Sampai 1 April 2020





hoax bandung terbaru

Berikut ini hoaks Covid-19 yang beredar di Bandung akhir Sampai 1 April 2020. Cek faktanya!

1. Warga Meninggal dekat RS Dustira karena Covid-19
Info yang beredar: viral sebuah video yang memperlihatkan seorang perempuan berbaju kuning tergeletak di jalan. Narasi dalam video itu menyebut peristiwa tersebut terjadi di Jalan Terusan Jenderal Sudirman, depan RS Dustira, Cimahi. Tulisan yang menyertai postingan video viral itu bahkan menyebut soal red zone (zona merah) terkait corona.

Cek Fakta: Faktanya mengutip dari akun instagram @cimahikini "setelah dikonfirmasi ke Bhabinkamtibmas Kelurahan Baros, wanita berbaju kuning itu hanya pingsan karena mengidap epilepsi. Saat ini sudah siuman dan sudah dibawa kembali oleh pihak keluarga."

2.  Penghuni Kosan di Sukajadi Meninggal karena Covid-19
Info yang beredar: Linimasa Twitter sempat dihebohkan dengan adanya kabar tentang penghuni salah satu indekos di wilayah Kelurahan Sukarawarna, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung, positif terpapar virus corona (COVID-19).

Cek Fakta: setelah Redaksi PRM mengonfirmasi langsung ke Camat Sukajadi, Agus Mulyadi, kabar mengenai adanya satu penghuni indekos terpapar COVID-19, merupakan hoaks. Pasalnya dari hasil penulusuran tim dari Kecamatan Sukajadi, korban tuduhan ini tidak memiliki gejala COVID-19. “Sebelumnya dia melakukan tes, dan hasilnya negatif COVID-19, tidak sepeti yang dikabarkan di Twitter. Dia sempat berobat ke Boromeus. Hasil medis menunjukan bukan gejala COVID-19. Setelah dapat hasil tes, dia pulang ke Bogor,” ujar Agus saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Minggu (29/3/2020).

3. Pria yang Kejang-kejang di Jalan Perumahan TKI 3 Meninggal Karena Corona
Info yang beredar: Beredar video dan foto seorang pria paruh baya ditemukan kejang-kejang di Jalan Taman Kopo Indah 3, RT 04/RW 15, Desa Rahayu, Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung, Rabu (1/4/202) sekira pukul 11.00 WIB. Awalnya pria tersebut turun dari motor kemudian duduk, lalu kejang-kejang dan tak sadarkan diri.

Cek fakta: berdasarkan info dari Radio PRFM News, Kanit Lantas Polsek Margaasih, AKP Yudhi Heryanto mengatakan, pria tersebut dilarikan ke RS Unggul Karsa Medika (UKM) TKI. Namun dalam perjalanan, korban meninggal dunia. Di rumah sakit, korban diperiksa dan diketahui meninggal dunia karena serangan jantung, bukan karena corona.  Jenazah kemudian dibawa ke rumah duka di Kampung Soreang Kolot RT 4/RW 03, Desa Soreang, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung.

-------
- Sumber: IG @jabarsaberhoax
- Cek fakta hoaks lainnya DI SINI