Minggu Sehat Ceria RT 04, Community Development Warga di GBA 1





Minggu Ceria RT 04 GBA 1

Kegiatan pengembangan masyarakat yang diarahkan untuk memperbesar akses masyarakat untuk mencapai kondisi sosial-ekonomi-budaya yang lebih baik merupakan konsep dari Community Development. Tujuannya, masyarakat di tempat tersebut diharapkan menjadi lebih mandiri dengan kualitas kehidupan dan kesejahteraan yang lebih baik.

Dalam pelaksanannya, konsep pemberdayaan masyarakat tersebut agar warga dapat ikut dalam proses produksi atau institusi penunjang dalam proses ide, kreasi, produksi dengan wujud kesetaraan (equity) dengan tidak membedakan status, jabatan, dan keahlian. Ini dengan mengusung tujuan keberlanjutan (sustainability) dan mengutamakan kerjasama (cooperation). Kesemuanya berjalan secara simultan dengan menyinergikan potensi warga. Pola inilah yang mungkin sesuai dengan jargon: "dari warga, oleh warga, dan untuk warga".

Minggu Sehat Ceria RT 04 GBA 1
Konsep Community Development tersebut coba diaplikasikan oleh warga RT 04 RW 14 di lingkungan Perumahan Griya Bandung Asri 1 (GBA 1) di Desa/Kec. Bojongsoang, Kab. Bandung. Setiap hari Minggu pagi, warga di RT tersebut menggelar kegiatan bersama bertajuk "Minggu Sehat Ceria RT 04". Pelaksanaannya mirip dengan Car Free Day (CFD) dalam lingkup skala kecil, hanya di depan jalan area RT tersebut.

Selama awal tahun 2020 ini, kegiatan "Minggu Sehat Ceria RT 04" telah berlangsung dua kali. Kegiatan perdana sekaligus pembukaan diadakan pada hari Minggu (26/01/2020) dan kedua pada Minggu (02/02/2020). Kegiatan ini per minggunya akan berlangsung secara kontinyu ke depannya, dengan bersifat tentatif, salah satunya melihat faktor cuaca.

Wadah belajar wirausaha dan silaturahmi warga
"Kegiatan ini selain wadah untuk belajar wirausaha, juga media silaturahmi dan hiburan warga. Ya, maklum saja warga di lingkungan kami kan sehari-hari sibuk dengan pekerjaan masing-masing. Dan di hari Minggu pagi menjadi ruang untuk berkumpul sambil beraktivitas, dari jualan aneka makanan untuk sarapan pagi, olahraga ringan, kaulinan barudak, ngobrol bareng antarwarga, sampai hiburan. Jadi, semua warga di sini dari para orangtua sampai anak-anak bisa berbaur," ungkap Ali Yurja, Ketua RT 04 RW 14 Perumahan GBA 1.

Jadi, warga di sini saat bangun pagi mulai pukul 06.00 bisa langsung keluar rumah dan bergabung dengan tetangga-tetangga. Warga bisa berolahraga bareng, seperti senam, bulutangkis, bermain tenis meja, dan olahraga ringan lainnya. Sementara bagi yang cari makanan untuk sarapan, bisa membeli di meja-meja khusus penjual makanan yang penjualnya warga juga. Bagi yang mau hiburan, peralatan sound system untuk karaokean pun disediakan di sini. Kegiatan ini berlangsung hingga pukul 10.00 pagi.

Menyatukan warga
Kegiatan mini CFD ini merupakan salah satu bentuk kebersamaan di RT ini.  Kegiatan lain yang dilakukan untuk semakin mempererat persatuan warga dengan rutin menggelar family gathering; pengajian bersama setiap bulan di masjid perumahan; pembuatan atribut bersama (kaos, topi, dll.), ngaliwet; kerja bakti; hingga inkubasi usaha dengan memberdayakan potensi warga dalam bidang entrepreneur. (SBR-002)