Lagi Viral Lagu Culametan di Medsos, Ini Arti Kata dan Sosok di Baliknya

share to whatsapp




Culametan

“Sia mah hirup téh culametan mét mét, culamétan mét mét. Jigana mah dipentaan deui téh embung sia mah. Siga na mah kalau ada makanan di méja mangga legleg ku sia, terorét terorét!” kata si gadis imut dalam video instagram yang kemudian mendadak viral di awal Februari 2020 tersebut. Lalu apa sih arti makna "culamétan' tersebut?

Arti kata culametan
Bila merujuk pada kalimat yang diungkapkan sosok gadis imut berkerudung putih tersebut, bisa dterjemahkan: "Kamu tuh hidup culametan. Kayaknya kalo dimintai lagi [makanan] kamu tuh gak mau. Kayaknya kalau ada makanan di meja, silakan makan sama kamu!". Ungkapan tersebut disambungkan dengan lirik dari lagu "Dua Kursi" yang dipopulerkan penyanyi dangdut Rita Sugiarto.

Lalu apa sih makna dari bahasa Sunda culamétan? Culametan itu sifat seseorang yang suka mintain/nyoba makanan temannya. Namun, di sendiri kalo punya makanan pelit banget saat dimintain oleh orang lain. Mungkin, kalau bahasa Indonesia-nya "celamitan". Ini dalam bahasa Sunda mengandung makna sifat yang jelek, selalu saja penasaran dengan apa yang dimakan orang lain.

Sifat culamétan pun bisa saja bukan hanya makanan. Ia penasaran dengan apa yang dimiliki oleh orang lain, misal bila temannya punya barang, sang culametan pengen nyobain. Bahkan, ada juga yang temannya punya pacar, misalnya, si culametan kayak pengen deketin si pacar punya temannya tersebut. Pokoknya, pikasebeleun alias nyebelin. Konteks culametan dalam urusan asmara ini bisa dimaknai kasusnya dalam lirk lagu "Culametan" yang dibawakan penyanyi Sunda Yayan Jatnika beberapa tahun lalu.

Di balik viralnya culamétan
Sebelum benar-benar viral, culametan ini beredar dengan video biasa tanpa editan. Namun, akun IG @dedeomat kemudian menambah musik yang bikin asyik buat goyang-goyang. Dede Omat sendiri dikenal piawai dalam mengolah musik remix berbasis speech compose ala Eka Gustiwana. Culematan pun sukses menyebar di jagat WA, Twitter, Facebook, dan lainnya. Bahkan tak sedikit di aplikasi Tik Tok dan aplikasi medsos lain yang ikutan #culametanchallenge.

Video-videonya sukses menyajikan speech compose yang mantap banget. Yang penasasaran, bisa lihat di akun IG @dedeomat atau halaman Facebook /dedeomatchannel tersebut. Karya-karyanya bisa juga dilihat di channel Youtube dedeomatchannel.

Lalu siapa sosok gadis berkerudungp putih yang bawain culametan tersebut? Dilansir dari cianjurtoday,com didapatkan informasi tentang identitas dari yang menyanyikan lagu ‘Kalau ada makanan di meja mangga legleg ku sia’ tersebut. Diketahui bocah tersebut bernama Risa dan merupakan siswi SMP kelas 7. Risa merupakan siswi SMP Soljer (diduga Solokan Jeruk) di Kab. Bandung. Penasaran dengan sosoknya? Follow aja akun IG @risa_culametan.