Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Ditargetkan Bisa Digunakan untuk Arus Balik Lebaran 2020





Jalan tol Jakarta - Cikampek II Selatan

Selain Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated, Jasa Marga saat ini juga sedang membangun Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan. PT Jasamarga Japek Selatan (JJS), anak usaha Jasa Marga yang mengelola jalan tol ini optimis 8,7 Km (Sadang-Jalan Industri) dari total Paket 3 (Taman Mekar - Sadang) sepanjang 27,85 Km tersebut dapat beroperasi fungsional pada arus balik Lebaran 2020.

Jalur fungsional yang disiapkan adalah untuk arus balik Lebaran 2020, para pengguna Jalan Tol Purbaleunyi dari arah Bandung menuju ke Jakarta bisa keluar di Simpang Susun Sadang lalu masuk ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan untuk kemudian melewati akses Jalan Industri (Curug-Kosambi) dan bisa masuk lagi ke Jalan Tol Jakarta – Cikampek melalui Gerbang Tol Karawang Timur.

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan memiliki panjang 62 Km yang terdiri 3 paket, yaitu:
a. Paket 1 (Jati Asih - Setu/JORR W2) sepanjang 9,3 Km
b. Paket 2 (Setu - Taman Mekar) sepanjang 24,85 Km
c. Paket 3 (Taman Mekar - Sadang) sepanjang 27,85 Km

Selain itu pembebasan lahan untuk Paket 3 hingga 15 Januari 2020 telah mencapai 73,88%, sedangkan progres konstruksinya telah mencapai 12,58%. Sementara itu, Paket 1 kini dalam tahapan penyelesaian Detail Engineering Design, sedangkan untuk Paket 2 dalam persiapan tender.

Jika sudah beroperasi penuh, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan dapat memangkas waktu perjalanan dari Jakarta menuju Cikampek dari sisi selatan. Selain itu, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan juga terhubung dengan JORR I, JORR II dan Jalan Tol Cipularang.

--------

Baca info-info seputarbandungraya.com lainnya di GOOGLE NEWS