Sehari Belajar di Luar Kelas bersama SDN 076 Sukajadi





SDN 76 Sukajadi Bandung

Kamis, (07/11/2019), kegiatan Sehari Belajar di Luar Kelas di SDN 076 Sukajadi dilaksanakan di halaman sekolah dan Taman Sukjadi yang diikuti oleh seluruh siswa. Kegiatan ini di awali dengan kegiatan senyum, salam dan sapa oleh para guru ketika siswa tiba di sekolah. Kemudian seluruh siswa di kumpulkan di lapangan sekolah dan menyanyikan Lagu Indonesia Raya (3 Stanza).

Kegiatan berikutnya adalah cuci tangan kemudian di lanjutkan dengan sarapan bersama setelah
mereka selesai berdoa. Sarapan yang peserta didik bawa telah disiapkan olah orang tua masing-masing. Selesai sarapan  anak didik berdoa dan di lanjutkan dengan kegiatan cuci tangan dan tidak lupan setelahnya menutup kran air sebagai bentuk pembiasaan penghematan air.

Setelah itu mereka melakukan Gerakan Pungut Sampah. Kegiatan berikutnya adalah kegiatan literasi yakni membaca buku  yang sudah  di sediakan guru. Setelah selesai kegiatan literasi seluruh anak didik mensimulasikan evakuasi bencana alam dalam lagu dan gerak setelah di contohkan oleh guru.

Kegiatan berikutnya yaitu senam bersama dan dilanjutkan dengan permainan tradisional. Selanjutnya anak melakukan tepuk hak anak dan yel-yel sekolah anak dan dilanjutkan dengan deklarasi sekolah ramah anak. Sebelum kegiatan berakhir dilaksanakan pelantikan tim Sekolah ramah anak  dan di tutup dengan menyanyikan lagu Maju tak Gentar.

Kegiatan ini melibatkan banyak pihak yaitu Kepala Sekolah, Komite Sekolah, Guru, Anak Didik dan Orang Tua. Dalam kegiatan ini orang tua terlibat aktif dan sangat mendukung untuk kegiatan ini. Contohnya menyiapan sarapan untuk anak didik.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menciptakan proses pembelajaran yang lebih menyenangkan, anak didik dapat beradaptasi dengan lingkungan alam sekitar, anak didik dapat mengasah aktivitas fisik dan kreatif, pembelajaran lebih variatif, kreatif dan lebih riil.

Kesempatan ini Iis Widaningsih selaku Kepala Sekolah SDN 076 menyampaikan harapannya Semoga seluruh anak didik SDN 076 mendapatkan pengalaman baru yang sangat bermakna serta dapat mengembangkan kreativitas dan mewujudkan semua potensi yang dimilikinya.
Dengan adanya kegiatan ini mudah mudahan dapat meningkatkan hubungan yang baik antar anak didik dan guru melalui Kegiatan Pembelajaran di luar Kelas tambah Elin. (Neng Fika Rumpaka Dewi)

--------

Baca info-info seputarbandungraya.com lainnya di GOOGLE NEWS