Sharing Perintisan TBM di Kelurahan Sarijadi Kota Bandung

share to whatsapp




Perintisan TBM

Kamis, 10 Oktober 2019, TBM ECO Bambu kembali melakukan sharing mengenai "Perintisan TBM" dengan pembicara utama yaitu Pengelola TBM ECO Bambu Cipaku Dr. Nike Kamarubiani, M. Pd. Kegiatan ini bertempat di Aula Kantor Lurah Sarijadi Jl. Sarijadi Raya No. 71 Kota Bandung.

Peserta yang hadir pada kesempatan kali ini yaitu Ibu Kader PKK Kelurahan Sarijadi. Dalam penyampaian materi Nike menyampaikan bahwa TBM Rintisan adalah upaya pemerintah untuk penyediaan bahan-bahan bacaan bagi masyarakat melalui pembentukan TBM baru yang mampu melayani kegiatan mambaca-menulis dan kegiatan literasi lainnya kepada masyarakat.

"Jadi tujuan penyelenggaraan TBM ini sebenarnya adalah untuk menyediakan akses sarana pembelajaran yang menyediakan dan memberi layanan bahan bacaan yang merata, meluas, dan terjangkau oleh masyarakat dengan mudah dan murah".

Layanan TBM biasanya dilakukan dengan cara membaca di tempat, meminjam buku, pembelajaran, praktek keterampilan dan juga kegiatan literasi yang biasanya dilakukan pada saat event event tertentu. Yang perlu disediakan pada Layanan TBM biasanya tidak lepas dari Sumber Daya Fisik dan Sumber Daya Manusia.

"Ada banyak layanan TBM yang hanya menyediakan sumber daya fisiknya saja, tetapi itu belum cukup karena perlu dukungan sumber daya manusia agar TBM tetap hidup dan banyak peminatnya" lanjut Nike.

TBM ECO Bambu memberikan salah satu penawaran yang berbeda pada layanan TBM nya yaitu mengusung tema Literasi Budaya agar menarik minat baca masyarakat. Hal ini diharapkan menjadi contoh bagi TBM yang akan dirintis nantinya agar memiliki ketertarikan tersendiri atau ciri khas tertentu.

Ibu Nunung sebagai salah satu Kader PKK Sekertaris Pokja II menyampaikan apresiasi terhadap adanya kegiatan sosialisasi kali ini "Alhamdulillah bagus sekali untuk menambah pengetahuan bagi Ibu Ibu PKK Sarijadi, karena dari Pemerintah pun sudah diharuskan dibentuk di tiap RW". harapan dari peserta yaitu ingin adanya pendampingan ketika mereka membuat pojok baca dari instansi maupun lembaga terkait. (Neng Fika Rumpaka Dewi)