Pembelajaran Penyembelihan Hewan Kurban di SMAN 1 Banjaran

share to whatsapp




Kurban SMAN 1 Banjaran Bandung

Pada hari kedua Hari Raya Idul Adha 1440 H, Senin, 12 Agustus 2019 SMAN 1 Banjaran menyelenggarakan kegiatan kurban yang rutin diadakan setiap tahun. Ada sekitar 24 ekor kambing yang dikurbankan. Jumlah hewan kurban tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya 19 ekor kambing, dimana setiap satu ekor kambing berasal dari satu sampai dua kelas.

Untuk penyembelihan, mengguliti, dan pencacahan kambing dilakukan oleh para siswa yang sebelumnya diberi pengarahan oleh guru agama. Lalu daging kambing akan dibagikan kepada seluruh warga sekolah dan warga sekitar sekolah. Tujuan diselenggarakan kegiatan kurban ini, untuk meningkatkan ketakwaan serta melatih kekompakan siswa. Kegiatan pendidikan kurban di SMAN 1 Banjaran dikemas secara sederhana namun sarat makna.

"Harapannya sekolah bisa lebih memfasilitasi, satu kelas bisa satu kambing atau satu angkatan satu sapi, panitia dan peserta bisa lebih bekerja sama." tutur Ade Firmansyah selaku ketua pelaksana.

Kegiatan penyembelihan hewan kurban di sekolah sangat bermanfaat untuk mengajarkan pendidikan karakter kepada para siswa dengan menanamkan jiwa untuk berkorban. Kegiatan ini rutinitas dilakukan setiap tahun. Dari segi edukasi, pertama untuk pendidikan karakter dan dari segi agamanya siswa belajar rela berkorban. Siswa juga mendapat pengetahuan, ketrampilan, karakter, rela berkorban, sehingga insya Allah para siswa mendapat amal kebaikan. (Pers Sekolah SMAN 1 Banjaran)