Daftar Pemenang Pemilihan Duta Bahasa Jawa Barat 2019

share to whatsapp




Pemenang Duta Bahasa Jawa Barat 2019

Acara grand final pemilihan Duta Bahasa Jawa Barat 2019 telah digelar pada Kamis, (27/06/2019) di El Royale Hotel Bandung. Ajang puncak pemilihan duta bahasa ini diikuti oleh 40 finalis.
Dalam rangkaian tes kemampuan terakhir para peserta ini dinilai sejumlah aspek, dari kemampuan berbahasa Indonesia, bahasa daerah dan bahasa asing, kemampuan menulis esai dalam tiga bahasa, unjuk bakat kesenian, serta kemampuan dalam menjawab langsung pertanyaan juri dalam tiga bahasa berbeda.

Berikut ini daftar pemenang pemilihan Duta Bahasa Jawa Barat 2019:

Duta Bahasa Jabar 2019 (Juara 1)
Putra: Rizki Dwika Aprilian
Putri: Gina Maheswari Syailendra

Juara 2
Putra: Refki Rizki
Putri: Eryanti Nurmala

Juara 3
Putra: Benhart Farras
Putri: Intan Safitri

Juara Harapan 1
Putra: Dipa Suharto
Putri: Nindyanthi Adilia

Juara Harapan 2
Putra: M. Dandi Sulaiman
Putri: Niken Khaerunnisa Salsabila

Juara Duta Bahasa Media Sosial
Putra: Rohman Hikmat
Putri: Claudia Angel Marpaung

Sebagai informasi, pemilihan Duta Bahasa (Dubas) Jabar pertama kali diselenggarakan oleh Balai Bahasa Jabar pada tahun 2006. Seleksi Dubas Jabar memang selalu diminati oleh para remaja di Jawa Barat dan peminatnya dari tahun ke tahun terus meningkat. Berdasarkan catatan panitia, para remaja yang mendaftar untuk diseleksi dalam ajang pemilihan Duta Bahasa Jabar dalam tiga tahun terakhir mencapai 1.109 orang dengan rincian 201 orang tahun 2016, 396 orang (2017), dan 512 orang (2018).

Dalam seleksi pemilihan Dubas Jabar 2019, kriteria yang harus dipenuhi peserta adalah  Berusia 17-25 tahun, menguasai bahasa Indonesia, salah satu bahasa daerah di Jawa Barat dan minimal satu bahasa asing. Juga berkepribadian baik dan memiliki ketrampilan yang dapat dipertunjukan atau menguasai kesenian Jawa Barat.


share to whatsapp