SmartTren Ramadan SMAN 1 Banjaran, Tingkatkan Amaliah Siswa di Bulan Suci

share to whatsapp




SmartTren SMAN 1 Banjaran Bandung

Pada pagi hari, Senin (20/05/2019), apel pembukaan kegiatan "SmartTren Ramadan" dilaksanakan di SMAN 1 Banjaran, Kab. Bandung. Kegiatan ini merupakan program dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang diinstruksikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat, yang isinya menyatakan bahwa kegiatan ini dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang memungkinkan bagi sekolah masing-masing. Dengan penyelenggaraan siswa ke pesantrenan; mendatangkan tokoh kemasyarakatan; dan amaliyah Ramadan.

Kegiatan SmartTren di SMAN 1 Banjaran sendiri akan dilaksanakan dari tanggal 20 sampai dengan 29 Mei 2019, dengan berbagai jadwal kegiatan yang telah ditetapkan setiap harinya. Siswa-siswi dibagi ke kedalam tiga kelas yakni; iqra bagi siswa yang masih belum fasih membaca alquran; tahsin kegiatan bagi siswa yang sudah fasih dalam membaca Alquran tetapi belum cukup menguasai dalam pelafalannya; dan tahfiz bagi siswa yang sudah fasih membaca Alquran maupun pelafalannya serta hafalan surat dalam alquran yang mumpuni.

Selama kegiatan ini, siswa-siswi yang terbagi kedalam tiga kelas ini akan dipandu oleh teman sebaya dan diberikan pula pengarahan dari guru-guru SMAN 1 Banjaran. Adapun tamu undangan dari luar sekolah diantaranya, tokoh MUI Banjaran dan pihak kepolisian.

"Ada dua kompetensi yang ingin dicapai, yaitu kompetensi dasar berupa menyebutkan dan memahami. Dalam fiqih umpamanya kompetensi yang menyebutkan tentang rukun-rukun dari fiqih yang dipelajari dan pemahaman yang ada di dalamnya. Sehingga siswa diharapkan mampu melaksanakan dan menghayati dalam setiap ritual peribadatan,"  ujar Tana selaku Ketua Pelaksana kegiatan SmartTren SMAN 1 Banjaran.  Kegiatan ini diharapkan dapat banyak menumbuhkan nilai positif bagi pengembangan karakter siswa-siswi SMAN 1 Banjaran. (Pers Sekolah SMAN 1 Banjaran)

----
Berita lainnya seputar SMAN 1 Banjaran LIHAT DI SINI