Inilah Ketua Harian Baru Dekranasda Kota Bandung

share to whatsapp




Elly Wasliah

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bandung kini memiliki ketua harian baru. Hal itu seiring dengan rotasi pejabat di Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung belum lama ini.

Secara ex-officio Ketua Harian Dekranasda Kota Bandung dijabat oleh Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung. Pada 22 Maret 2019 lalu, Elly dilantik menjadi Kepala Disdagin Kota Bandung menggantikan pejabat sebelumnya, Eric Mohamad Atthauriq.

Sebelumnya Elly menjabat sebagai Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung. Ia adalah partner Eric dalam menjaga stabilitas harga pangan di Kota Bandung.

Kini, selain menjaga roda perekonomian Kota Bandung tetap stabil, Elly juga berperan penuh untuk mendorong perkembangan kerajinan tangan daerah agar bisa menembus pasar domestik hingga internasional. Elly mengaku siap menerima tugas tersebut.

"Insya Allah akan melanjutkan tugas-tugas yang sudah dilaksanakan oleh Pak Eric, yaitu membawa para pelaku usaha Kota Bandung meningkatkan daya saing produk sehingga bisa berkiprah di era globalisasi ini," tutur Elly usai acara serah terima jabatan Ketua Harian Dekranasda Kota Bandung, di Bandung Creative Hub, Jumat (5/4/2019).

Setelah serah terima jabatan, Elly harus langsung bersiap menunaikan tugasnya. Kegiatan pertamanya adalah, mengikuti pameran di Surabaya pada 11-14 April mendatang. Ada 7 perajin yang akan dibawanya pada pameran tersebut yang merupakan hasil kurasi Dekranasda Kota Bandung.

Tak hanya itu, Dekranasda juga akan mengikuti tiga pameran lainnya. Sehari setelah Pemilu, ada pameran busana dan kerajinan tangan di Graha Manggala Siliwangi pada 18-20 April 2019

"Dalam waktu yang tidak lama kita akan menyelenggarakan pameran fesyen dan craft di Graha Mangga Siliwangi 18-20 April 2019 dengan pesertanya 65 IKM (Industri Kecil Menengah). Ada 32 IKM craft dan 33 IKM fesyen. Khusus yang craft kita ambil dari para pengrajin Dekranasda," jelas Elly.

Pada 24-29 April, Kota Bandung juga akan berpartisipasi dalam ajang Inacraft di Jakarta. Sebanyak 5 pengrajin hasil kurasi akan dilibatkan dalam even nasional itu.

Dekranasda Kota Bandung juga akan mengikuti pameran di Filipina dalam ajang Manila Fame pada 25-27 April mendatang. Sebanyak 5 perajin telah dipersiapkan untuk ikut pameran di sana.

Selain berpartisipasi dalam pameran, Dekranasda Kota Bandung juga akan meluncurkan Dekranasda Store pada 21 April 2019 mendatang. Akan ada 136 perajin terlibat di galeri yang akan dibuka di Bandung Creative Hub.

Di sisi lain, Elly berkomitmen untuk terus menjaga sinergitas antar berbagai stakeholder, khususnya organisasi perangkat daerah agar senantiasa mendukung perkembangan kerajinan kreasi warga Bandung. Selain untuk memajukan daerah, Dekranasda juga ingin menjadi jembatan untuk menyejahterakan warga Kota Bandung.

"Saya akan lebih meningkatkan sinergitas program dari Dinas KUKM juga dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Insya Allah dengan dukungan dari sinergisitas program, dukungan anggaran dari berbagai OPD maka Dekranasda Kota Bandung akan semakin eksis. Keberadaannya semakin dirasakan oleh para pengusaha di Kota Bandung," katanya.


share to whatsapp